alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ingin Jaga Kadar Gula Darah? Yuk Konsumsi 5 Bahan Pangan Ini

Titi Sutinah Apridawaty
Ingin Jaga Kadar Gula Darah? Yuk Konsumsi 5 Bahan Pangan Ini
Dibandingkan dengan kentang, ubi yang berasa manis mengandung serat lebih tinggi dan rendah kalori. Foto/Dailymail.co.uk.

JAKARTA - Anda ingin menjaga kadar gula dalam darah selalu stabil ? Caranya mudah. Anda hanya perlu memperhatikan asupan yang dikonsumsi sehari-hari.

Ahli gizi sekaligus penulis buku asal Australia, Jessica Sepel, membeberkan setidaknya ada lima jenis bahan pangan yang wajib dikonsumsi bila Anda ingin menjaga kestabilan kadar gula dalam darah.

Dikutip dari laman Daily Mail, berikut lima bahan pangan yang dimaksudkan oleh Sepel.



1. Ayam.
Ayam lazim dipilih sebagai menu makan siang ataupun malam karena merupakan sumber protein yang bisa membuat kita kenyang lebih lama. Bahan pangan ini juga dapat membantu menstabilkan kadar glukosa yang berhubungan dengan kondisi gula darah dalam tubuh kita.

2. Kacang polong.
Bila Anda merupakan seorang vegetarian ataupun vegan, kacang polong adalah pilihan yang bagus untuk dikonsumsi. Jenis kacang-kacangan ini umumnya rendah lemak, tak mengandung kolesterol, serta tinggi mineral seperti zat besi dan magnesium. Bahan pangan ini juga merupakan sumber protein non-hewani yang paling baik dan mampu menyeimbangkan kadar gula darah Anda.

3. Alpukat.
Alpukat disukai karena teksturnya yang lembut dan berasa legit. Buah yang minim air ini merupakan jenis lemak sehat yang kaya akan vitamin C, E, dan K. Menurut Sepel, alpukat dapat membantu menjaga level energi Anda tetap konsisten dan merupakan jenis buah yang paling serbaguna. Alpukat bisa dibuat jus, dijadikan side dish dalam menu makan siang, makan malam, ataupun snacking untuk membantu menstabilkan kadar gula Anda.

4. Ubi Jalar.
Dibandingkan dengan kentang, ubi yang berasa manis mengandung serat lebih tinggi dan rendah kalori. Ubi rebus juga rendah indeks glikemiksnya sehingga ideal untuk menstabilkan kadar gula darah. Bahan pangan satu ini cocok dijadikan side dish pada menu utama serta dipadukan dengan ayam dan kacang polong. Tak hanya itu, ubi juga kaya vitamin dan akan membuat Anda merasa kenyang cukup lama sekaligus menambah energi.

5. Kayu Manis.
Kebanyakan orang tidak sadar kalau kayu manis adalah jenis rempah yang bermanfaat untuk mengontrol asupan gula. Kayu manis bisa digunakan saat Anda ingin membuat snack yang sehat atau menambahkannya pada smoothies, sayuran panggang, dan tumisan. Bahan pangan satu ini bahkan dapat mengurangi rasa lapar sekaligus mendukung metabolisme tubuh Anda.



(nun)