2 Putra Presiden Jokowi Gelar Kompetisi Esports Piala Mas Gibran

Sabtu, 01 Februari 2020 - 17:30 WIB
2 Putra Presiden Jokowi Gelar Kompetisi Esports Piala Mas Gibran
Dua Putra Jokowi, Gibran dan Kaesang saat memberikan keterangan pers usai saat membuka kompetisi esports bertajuk Piala Mas Gibran di the Park Mall Solo, Sabtu (1/2/2020). Foto foto: Ary Wahyu Wibowo
A A A
SOLO - Dua putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep kembali menggelar kompetisi esports bertajuk Piala Mas Gibran di Solo. Kali ini, titel gim yang diusung adalah Mobile Legends: Bang Bang yang berlangsung di the Park Mall Solo Baru selama dua hari mulai Sabtu (1/2/2020).

Jika sebelumnya kompetisi digelar berskala nasional, kali ini kompetisi dibuat khusus untuk pemain Jawa Tengah. “Persentase pemain Mobile Legends di Jawa Tengah cukup besar mencapai 11%. Dari seluruh Indonesia totalnya ada 31 juta pemain per bulan,” kata Gibran Rakabuming Raka saat pembukaan kompetisi esports bertajuk Piala Mas Gibran di The Park Mall, Solo Baru, Sabtu (1/2/2020).

Pihaknya ingin mewadahi melalui turnamen turnamen agar memotivasi bakat bakat lokal yang masih terpendam. Sehingga bisa muncul ke permukaan dan menjadi kompetitif mencari prestasi di bidang yang mereka minati. Tak hanya memperebutkan Piala Mas Gibran dan hadiah uang tunai, pemenang turnamen akan mendapat sesi khusus pelatihan oleh salah satu satu tim profesional Indonesia, Aerowolf Pro Team, organisasi tempat Kaesang Pangarep bernaung.

Tercatat ada 576 tim atau sekitar 2.880 pemain dari Jawa Tengah yang turut mendaftar. Selebrasi puncak acara mengundang pemain profesional dan bintang e-sports, serta dimeriahkan oleh penampil hits lokal Solo, seperti Dory Harsa, Pecas Ndahe, dan Diskon Ringroad. Diungkapkannya, industri game membuka banyak peluang pekerjaan baru yang sebelumnya dipandang sebelah mata.

Esport juga telah mendapat pengakuan internasional sebagai cabang olahraga yang pertama kalinya dipertandingkan di Sea Games 2019 di Fillipina. Dan kontingen Indonesia sukses menyumbang dua medali perak. “Nantinya akan kami lanjutnya dengan program edukasi, bahwa dari esport sudah banyak cerita sukses. Tergantung bagaimana anak diarahkan,” tandasnya.

Suami Selvi Ananda ini menyebut bahwa penyelenggaraan event sebagian besar disponsori oleh perusahaan perusahaan yang didirikannya maupun milik Kaesang. Namun , ada juga beberapa perusahaan dari luar yang turut menjadi sponsor.

Saat sambutan, Gibran menegaskan bahwa kegiatan yang diselenggarakan tidak ada kaitan dengan dirinya yang kini sebagai Bakal Calon Wali Kota Solo tahun 2020 dari PDIP. “Tidak ada hubungannya dengan kampanye, kalian mau dukung silahkan, nggak dukung juga silahkan. Saya nggak masalah. Yang penting hari ini have fun,” tegasnya.

Penyelenggara event dari Aerowolf Organizer Donna Karman mengemukakan pihaknya mengundang beberapa bintang esport nasional dalam acara agar menginspirasi peserta dari Solo. “Industri esport berkembang pesat, banyak peluang profesi,” urainya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9625 seconds (0.1#10.140)