alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Achmad Zaky Cuit Presiden Baru, Bukalapak Jadi Bulan-bulanan Warganet

Intan Rakhmayanti
Achmad Zaky Cuit Presiden Baru, Bukalapak Jadi Bulan-bulanan Warganet
CEO Bukalapak meminta maaf atas cuitannya di Twitter terkait presiden baru. Cuitan itu berimbas pada munculnya aksi gerakan boikot Bukalapak dan uninstall Bukalapak. FOTO/DOK.SINDOphoto

JAKARTA - CEO sekaligus Founder Bukalapak, Achmad Zaky menggegerkan dunia maya lantaran cuitannya di Twitter. Dalam tweetnya soal perbandingan soal dana riset industri 4.0 yang menempatkan Indonesia di posisi ke-43. Lalu di bagian akhir kalimat Zaky menulis "mudah2an presiden baru bisa naikin".

Atas cuitan tersebut warganet menganggap Zaky merupakan salah satu pendukung calon presiden (capres) 02, Prabowo Subianto. Achmad Zaky pun menjadi trending topic dan masuk pencarian populer di Google. Tidak berhenti di situ, tweet itu berimbas pada muncul tagar #boikotbukalpak dan #uninstallbukalapak.     

Atas peristiwa itu, Achmad Zaky tegas menyatakan bahwa cuitan yang ia tuliskan di Twitter tidak bermaksud untuk mendukung atau tidak mendukung satu calon presiden tertentu. Melainkan ajakan untuk bersama membangun Indonesia melalui penelitian dan pengembangan ilmiah.



"Saya, Achmad Zaky selaku pribadi dan sebagai salah satu pendiri Bukalapak, dengan ini menyatakan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas pernyataan yang saya sampaikan di media sosial," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima SINDOnews melalui e-mail, Jumat (15/2/2019)

"Saya sangat menyesali kekhilafan tindakan saya yang tidak bijaksana tersebut dan kiranya mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya," tambah Zacky.

Ia dan tim Bukalapak menyatakan amat sangat berterima kasih atas kebijakan serta dukungan pemerintah Indonesia yang diberikan selama ini kepada Bukalapak. Dengan ini pula menyatakan akan terus berkomitmen untuk membangun Indonesia melalui teknologi.

Tak hanya ramai di Twitter, blunder soal cuitan Achmad Zaky juga sampai berpindah ke akun Instagram-nya (IG). Dari pantauan SINDOnews, beberapa unggahan Instagram Zaky diserbu oleh komentar netizen. Namun ada dua unggahan foto Zaky yang dibanjiri ribuan komentar.

Unggahan terbaru Zaky mengenai proyek kolaborasi dan inovasi bersama Ridwan Kamil paling banyak diserbu netizen. Bahkan komentar diunggahan ini mencapai 3.705, padahal video ini di unggah tiga hari lalu.

Sama seperti di Twitter, komentar-komentar yang ada di Instagram banyak yang menyerukan untuk uninstall aplikasi BukaLapak.

Sebagian netizen menyayangkan aksi Zaky, terlebih saat ini kondisi politik Indonesia sedang memanas menjelang Pilpres 2019.

Namun tak sedikit pula netizen yang memberi pembelaan kepada Zaky. Berikut kutipan komentar netizen di kolom Instagram Achmad Zaky:

- Kalau belum bisa membalas budi Bapak Presiden, setidaknya jangan jahatin Beliau. apalagi menggunakan data lama yang bukan dikarenakan Beliau. tapi pergunakan compare data baru. Jangan lupa belajar menggunakan hati nurani.

- Langsung pada baper dan galau berat, makin mendekati april ????

- Pada bacot uninstall, pas ada diskon banyak dan flash sale jg nanti install lg.. ????

- Masih banyak akal sehat di negeri ini, dan terus bertambah #dukungbukalapak

- Sadar lu @achmadzaky gk malu ya kemarin presiden nge bangga" in app lu tpi lu bls nya gini... !! Gk tau maluu!! #unistallbukalapak



(AMM)

loading...