UNS Masuk 5 Kampus Terbaik di Indonesia Versi Webometrics

Jum'at, 31 Januari 2020 - 21:54 WIB
UNS Masuk 5 Kampus Terbaik di Indonesia Versi Webometrics
Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo tampak dari depan. Foto dok Humas UNS
A A A
SOLO - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo sukses menduduki peringkat kelima sebagai kampus terbaik versi webometrics periode Januari 2020. Capaian yang diraih merupakan ranking tertinggi dalam empat tahun terakhir bagi UNS.

Rektor UNS Profesor Jamal Wiwoho mengatakan, Webometrics merupakan lembaga pemeringkatan internasional asal Spanyol yang melakukan rilis peringkat universitas terbaik di seluruh dunia yang tergolong dalam World Class University (WCU). Lembaga ini menilai kemajuan sebuah universitas berdasarkan websitenya. “Pertimbangan lainnya juga berdasarkan berbagai kegiatan ilmiah yang ditopang proses terwujudnya tri dharma perguruan tinggi,” kata Jamal Wiwoho dalam rilis yang diterima, Jumat (31/1/2020).

Yakni meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dengan penguatan tata kelola infrastruktur yang terintegrasi dalam kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Hal ini dapat dilihat dari suasana akademik yang sehat, manajamen tata kelola institusional yang baik, serta mutu mahasiswa yang berprestasi. “Pemeringkatan webometrics dilakukan dua kali dalam setahun. Diakhir bulan Januari 2020, UNS memperoleh peringkat ke-5 secara nasional,” tandasnya.

Sedangkan secara dunia, UNS di posisi 1.333. Posisi ini merupakan ranking tertinggi dalam empat tahun terakhir bagi UNS. Pihaknya sangat bersyukur dengan capaian peringkat yang diraih. Sebab pada semester 2 tahun 2019, peringkat webometrics UNS menduduki peringkat ke-7 secara nasional. Seluruh sivitas akademika UNS patut berbangga. Karena peringkat itu membuktikan UNS bisa bersaing menjadi kampus maju dengan memanfaatkan teknologi.

Selain itu juga punya posisi yang baik di level nasional maupun internasional. “Ini merupakan buah kerja keras bersama oleh seluruh sivitas akademika UNS, kemudian dengan stakeholder baik internal maupun eksternal, warga kampus, Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS bersama seluruh alumni yang pernah mengenyam bangku kuliah di UNS supaya kampus tercinta ini menjadi semakin maju dan mendunia," tegasnya.

Dalam pemeringkatan webometrics, peringkat pertama diraih Universitas Indonesia (UI), kedua UGM, ketiga ITB, keempat ITS dan kelima UNS. UNS lebih unggul dibandingkan Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Universitas Sumatra Utara, Universitas Hasanudin, Universitas Diponegoro, Universitas Jember dan IPB.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1556 seconds (0.1#10.140)