Presiden Resmikan Underpass Bandara YIA

Jum'at, 31 Januari 2020 - 19:50 WIB
Presiden Resmikan Underpass Bandara YIA
residen Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan kunjungan ke Kulonprogo. FOTO: iNews.TV/Kuntadi
A A A
YOGYAKARTA - Jalan bawah tanah atau uderpass di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (31/1/2020) diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Underpass sepanjang 1,3 kilometer ini sebelumnya sudah difungsikan pada Jumat (24/1/2020).

"Ini salah satu dari keseluruhan proyek Bandara Internasional Yogyakarta (YIA). Kami harapkan mampu memberikan kontribusi, terutama peningkatan turis ke Yogyakarta, Borobudur, Prambanan dan sekitarnya," kata Jokowi usai meresmikan underpass terpanjang di Indonesia tersebut.

Dia mengatakan pemerintah akan melakukan percepatan pembangunan jalur transportasi antarmoda yang interkoneksi, sehingga masyarakat memiliki pilihan dalam rangka pelayanan kepada turis dan masyarakat.

Menurut Jokowi, jalan bawah tanah di Bandara Internasional Yogyakarta merupakan penghubung jalan Pantai Selatan (Pansela) atau Jalan Jalur Lintas Selatan yang terputus akibat pembangunan bandara.

"Kami tidak hanya bicara sekarang, tapi kita bicara soal perencanaan ke depan di Pulau Jawa," ujarnya.

Jokowi berharap dengan pembangunan jalan Pansela ini mampu menjadi penghubung jalan ke kabupaten lain di DIY, yakni Kulonprogo-Bantul-Sleman/Gunungkidul di jalur selatan. Keberadaan Bandara Internasional Yogyakarta membuat wisatawan semakin banyak dan tersebar di kabupaten/kota di DIY.

"Slot penerbangan semakin banyak, bisa ganda hingga tiga penerbangan, sehingga ada pilihan penerbangan jarak jauh yang turun di Bandara Internasional Yogyakarta ," ucapnya
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0481 seconds (0.1#10.140)