Sama-sama Berbahaya, Begini Beda Antraks dan Corona

Kamis, 30 Januari 2020 - 21:07 WIB
Sama-sama Berbahaya, Begini Beda Antraks dan Corona
Korban virus Corona saat dirawat di rumah sakit. FOTO Ilustrasi : DOK Sindonews
A A A
YOGYAKARTA - Dosen di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM, Riris Andono Ahmad mengatakan, meski sama -sama berbahay namun antraks dan corona adalah penyakit yang berbeda.

Antraks disebabkan oleh bakteri yang namanya bacillus anthracis. Penyakit ini menyerang hewan tetapi bisa menular kepada manusia.

Manusia tertular apabila kontak dengan spora antraks yang bisa terdapat pada daging yang terkontaminasi atau kontak dengan spora yang ada di lingkungan. Misalnya tanah yang terkontaminasi spora karena menjadi tempat penyembelihan hewan yang terkontaminasi

“Pencegahannya dengan tidak menyembelih dan mengkonsumsi hewan yang sakit atau mati mendadak,” katanya, Kamis (30/1/2020)

Sedangkan penyakit corona adalah virus penyebab flu. Hanya saja secara klinis flu nya bisa cukup parah hingga mengalami pneumonia. Corona virus yang muncul saat ini diberi nama nCoV atau novel corona virus, karena belum pernah ditemukan sebelumnya sebagai penyebab flu.

“Pencegahan nya ya seperti mencegah flu. Hidup sehat, memakai masker, sering cuci tangan, kalau batuk ditutup dengan siku serta hindari keramaian kalau tidak perlu,” terangnya Doni panggilan akrabnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5852 seconds (0.1#10.140)