Pohon Jati Tumbang Tutup Jalur Blora-Cepu, Lalu Lintas Sempat Macet

Senin, 24 Desember 2018 - 23:00 WIB
Pohon Jati Tumbang Tutup Jalur Blora-Cepu, Lalu Lintas Sempat Macet
Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Blora memangkas pohon jati yang rumbang agar tidak menurup jalan. FOTO/iNews/TAUFIK BUDI
A A A
BLORA - Pohon jati berukuran besar tumbang setelah hujan mengguyur Blora dan sekitarnya. Akibatnya, arus lalu lintas sempat macet hingga sepanjang satu kilometer karena menunggu petugas melakukan evakuasi batang dan ranting-ranting pohon.

Anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Blora, Agung Tri mengatakan, pohon jati tumbang itu menutup akses jalur nasional Cepu-Blora KM 3, tepatnya di hutan jati Wonorejo, Kecamatan Cepu. Petugas yang menerima informasi tersebut segera bergerak ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi.

"Tadi diawali hujan, kemungkinan karena akar pohon enggak kuat menahan beban pohon hingga pohon tersebut tumbang. Menutup jalan akses Cepu–Blora, sempat macet sekira satu kilometer," kata Agung, Senin (24/12/2018).

Menurutnya, proses evakuasi berjalan cukup cepat karena mengerahkan petugas gabungan dari BPBD Blora, Perhutani KPH Cepu, Polsek Cepu, beserta sejumlah relawan. Kini arus lalu lintas bisa telah berjalan normal.

"Untuk saat ini arus lalin sudah lancar. Petugas gabungan tadi membersihkan batang pohon dan ranting-ranting. Tapi pengendara tetap diminta berhati-hati," katanya.

Sementara itu, Plt Kepala Pelaksana (Kalaks) BPBD Blora, Free Bayu Alamanda, mengimbau seluruh pengguna jalan selalu waspada terkait bencana angin kencang. Dalam sepekan terakhir, angin kencang terjadi hampir setiap hari.

"Tak bosan kita mengimbau warga untuk tetap waspada menghadapi bencana. Jangan berlindung di bawah pohon atau baliho saat terjadi hujan angin, dan kenali lingkungan masing-masing dengan baik," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.7976 seconds (0.1#10.140)