Ratusan Anggota Polres Salatiga Jalani Pemeriksaan Kesehatan Berkala

Kamis, 30 Januari 2020 - 12:57 WIB
Ratusan Anggota Polres Salatiga Jalani Pemeriksaan Kesehatan Berkala
Kabid Dokkes Kombes Pol dr Tri Yuwono Putra didampingi Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono saat memantau pemeriksaan anggota Polres Salatiga di Mapolres setempat, Kamis (30/1/2020). Foto/Dok.Humas Polres Salatiga
A A A
SALATIGA - Ratusan anggota Polres Salatiga dan jajaran Polsek menjalani pemeriksaan kesehatan berkala di Pendapa Mapolres Salatiga, Kamis (30/1/2020). Pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh tim kesehatan Bid Dokkes Polda Jateng bekerja sama dengan Urdokkes Bagsumda Polres Salatiga serta Laboratorium IBL (Imam Bonjol Laboratorium).

Kabid Dokkes Kombes Pol dr Tri Yuwono Putra Tujuan mengatakan, pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk mengecek secara dini kondisi kesehatan seluruh personel Polres Salatiga. Adapun pemeriksaan kesehatan meliputi tensi, EKG, treadmill, gigi, darah, urin.

"Semakin awal diketahuinya penyakit atau gangguan kesehatan, maka semakin cepat proses penanganannya. Sehingga tidak menjadi kronis dan berdampak buruk kepada anggota (polisi) yang menderita penyakit," kata Kombes Pol Tri Yuwono Putra.

Menurutnya, masih banyak personel Polri yang enggan secara dini melakukan pemeriksaan kesehatan sehingga masih banyak terjadi kasus kematian mendadak. Dengan adanya pemeriksaan kesehatan secara berkala ini, diharapkan kasus serupa tidak terjadi.

"Pemeriksaan kesehatan ini dibiayani oleh dinas dan merupakan hak semua anggota. Lebih baik mengetahui kondisi kesehatan sejak dini. Memang, kesehatan bukan hal yang utama tapi tanpa kesehatan tidak ada yang berarti," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono mengatakan, pemeriksaan kesehatan personil secara berkala ini merupakan langkah untuk deteksi dini kesehatan anggota. Selain itu, sebagai rekomendasi pimpinan dalam penempatan anggota sesuai dengan kondisi kesehatannya dan sebagai rujukan kepada anggota yang akan mengikuti Dikbang karier atau spesialis.

"Jangan takut untuk memeriksakan kesehatan, karena kesehatan perlu diketahui sejak dini guna pengambilan langkah-langkah penanganan lebih lanjut," kata Kapolres.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7353 seconds (0.1#10.140)