alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Diguyur Hujan, Talud Sepanjang 20 Meter di Patuk Gunungkidul Ambrol

Suharjono
Diguyur Hujan, Talud Sepanjang 20 Meter di Patuk Gunungkidul Ambrol
Warga kerja bakti membersihkan material longsor setelah talut setinggi 8 meter setinggi 20 meter Dusun Kerjan, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Gunungkidul. FOTO/IST

GUNUNGKIDUL - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Gunungkidul, Rabu (29/1/2020) sore, menyebabkan talud setinggi 8 meter dan panjang 20 meter di Dusun Kerjan, Desa Putat, Kecamatan Patuk ambrol. Satu rumah warga rusak tertimpa material longsor.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi sekitar pukul 16.00 WIB itu. Hanya, pemilik rumah, Sunarto harus menanggung kerugian karena tembok dapur rusak.

Sunarto menuturkan, talud ambrol terjadi saat dirinya berada di ruang utama rumah. Di tengah hujan deras tiba-tiba terdengar suara gemuruh. "Ternyata talud samping rumah longsor dan menimpa bangunan dapur saya," katanya kepada wartawan, Kamis (39/1/2020). Setelah hujan reda warga sekitar langsung berdatangan dan melakukan kerja bakti.



Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan, pihaknya langsung ke lokasi begitu menerima laporan talud ambrol menimpa rumah warga. Bersama warga setempat, tim BPBD membersihkan meterial longsoran.

Selain proses pembersihan, hari ini BPBD Gunungkidul juga mengirimkan bantuan logistik untuk korban. Bantuan diberikan untuk mengurangi beban keluarga sehingga bisa digunakan untuk kerja bakti warga setempat. "Hari ini kerja bakti dilanjutkan. Mudah-mudahan cuaca mendukung," katanya.

Edy berharap warga yang berada di lokasi rawan longsor untuk meningkatkan kewaspadaan karena intensitas hujan cukup tinggi akhir-akhir ini. Beberapa wilayah di zona utara Gunungkidul labil dan berpotensi longsor.



(amm)