Pengembangan Blog Pada Pembelajaran Pastry dan Bakery

Kamis, 30 Januari 2020 - 12:00 WIB
Pengembangan Blog Pada Pembelajaran Pastry dan Bakery
Zakiyatul Munawaroh, Guru SMK Negeri 1 Bojongsari, Purbalingga. FOTO/DOK.PRIBADI
A A A
Zakiyatul Munawaroh, S.Pd
Guru SMK Negeri 1 Bojongsari, Purbalingga

KEMAJUANzaman membuat manusia secara sengaja atau tidak sengaja, telah dan akan berinteraksi dengan teknologi. Media elektronik sebagai bagian dari perkembangan teknologi, mendapat tempat dan perhatian cukup besar para peserta didik serta sangat berpengaruh terhadap perkembangan pendidikan. Melalui kemajuan teknologi siswa dapat mencari sendiri dan langsung mengalami proses belajar.

Belajar yang dimaksud berupa pembelajaran yang dilaksanakan secara realistik dan konkret, sehingga mengembangkan pemahaman, berpikir kritis serta menghindari terjadinya verbalisme terus-menerus. Penyampaian materi ajar yang tidak bervariasi dapat menjadi penyebab tidak tercapainya tujuan pembelajaran yang diinginkan. Tahapan penting dalam pembelajaran adalah memilih atau menentukan materi pembelajaran atau bahan ajar yang tepat untuk membantu siswa mencapai kompetensi.

Pembelajaran berbasis internet memungkinkan proses pembelajaran yang praktis, sehingga siswa dan guru tidak harus berada di satu tempat yang sama. Fasilitas internet yang dapat digunakan untuk media pembelajaran di antaranya, Facebook, e-mail, Twitter, blog, dll. Internet based learning atau web based learning dalam bentuk paling sederhana adalah website yang dimanfaatkan untuk menyajikan materi-materi pembelajaran. Cara ini memungkinkan siswa mengakses sumber belajar dari narasumber dan fasilitator kapan pun dan di mana pun. Bila diperlukan bisa juga disediakan mailing list untuk situs pembelajaran tersebut sebagai ruang diskusi.

Sebagai media yang diharapkan menjadi bagian dari suatu proses pembelajaran di sekolah, internet harus mampu memberikan dukungan bagi terselenggaranya proses komunikasi interaktif antara pengajar dan peserta didik, sebagaimana yang disyaratkan dalam suatu proses pembelajaran. Kondisi yang harus mampu didukung oleh internet dalam proses pembelajaran tersebut yang berkaitan dengan strategi pembelajaran salah satunya adalah penggunaan blog sebagai media pembelajaran.

Salah satu media ajar berbasis pembelajaran internet adalah menggunakan blog. Blog berasal dari kata web blog, web adalah internet sedangkan blog adalah catatan. Jadi bisa disimpulkan blog adalah catatan seseorang yang dipublikasikan ke dalam internet. Blog merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk memfasilitasi siswa dalam mengumpulkan informasi dalam pembelajaran. Blog memiliki beberapa kelebihan antara lain mudah digunakan, dapat digunakan di mana saja asal tersambung dengan jaringan internet, isi dari blog dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan.

Perkembangan ilmu teknologi di era globalisasi sendiri juga membuat siswa tertarik dengan dunia internet, sehingga media pembelajaran berbasis internet pun perlu dikembangkan. Blog sendiri tidak hanya dapat di isi tulisan tapi dapat di isi konten video pembelajaran dan game edukasi, sehingga siswa lebih tertarik dalam mencari tahu informasi materi pembelajaran.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), khususnya Jurusan Tata Boga merupakan sekolah yang menuntut siswanya aktif mencari informasi tentang pelajarannya, tidak hanya dari proses belajar mengajar di sekolah, namun juga saat berada di rumah. Materi yang disampaikan harus bisa dipahami betul agar siswa dapat mengikuti praktikum.

SMK Negeri 1 Bojongsari merupakan salah satu SMK di Purbalingga yang membuka Jurusan Tata Boga dengan konsentrasi Boga, di mana salah satu proses pembelajaran ditekankan pada keahlian yang dibutuhkan di dunia kerja, sehingga menghasilkan lulusan siap kerja. Salah satu keahlian yang di pelajari di SMK Patiseri adalah Produk Pastry dan Bakery. Produk Pastry dan Bakery merupakan salah satu mata pelajaran konsentrasi Patiseri di kelas XI, khususnya di bidang olahan tepung terigu juga dessert, mencakup pembuatan roti, dan produk pastry seperti puff pastry, danish, croissant, olahan cokelat, dan lain lain.

Mata pelajaran pastry dan bakery memiliki kelebihan yaitu materi dan pengembangan produknya lebih luas, sehingga menimbulkan minat siswa. Kekurangan dari mata pelajaran ini yaitu terdapat beberapa nama bahan makanan dan teknik pengolahan masih asing bagi siswa. Mata pelajaran ini terdiri dari beberapa kali tatap muka, karena siswa harus paham bagaimana cara membuat adonan yang baik.

Penggunaan media blog dalam pembelajaran Pastry dan Bakery akan sangat mempermudah peserta didik dan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Guru akan menyusun isi blog untuk mempermudah proses pembelajaran. Di dalam blog dapat diisi dengan berbagai resep-resep yang harus siswa ketahui sesuai dengan silabus dan RPP.

Selain itu, di dalam blog, guru dapat mengisi kuis yang siswa bisa uji coba kapan pun. Bisa juga ditambahkan video-video tutorial yang dapat digunakan siswa sebagai referensi dalam membuat suatu resep. Ketika pembelajaran di dalam kelas guru, tidak perlu terlalu banyak teori tapi lebih fokus praktik pembelajaran karena teori sudah disampaikan guru melewati blog, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5654 seconds (0.1#10.140)