Dua Arca dari Abad 9 Ditemukan Terpendam di Tanah Desa Kalijeruk Sleman

Rabu, 29 Januari 2020 - 15:55 WIB
Dua Arca dari Abad 9 Ditemukan Terpendam di Tanah Desa Kalijeruk Sleman
Arca Nandhi dan Agastya yang ditemukan warga saat mengali tanah di Kalijeruk, Widodomartani, Ngemplak, Sleman. Foto/IST
A A A
SLEMAN - Dua arca dari Abad 9 ditemukan terpendam di area tanah kas desa Kalijeruk, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Selasa (28/1/2020). Dua arca yang diidentifikasi sebagai Arca Nandi dan Agastya tersebut ditemukan operator alat berat saat menggali tanah untuk kolam penampungan kotoran sapi.

Bentuk arca itu masih tampak jelas. Namun ada beberapa bagian arca yang sudah hilang, misalnya telinga Arca Nandi. Bagian tangan kanan Arca Agastya juga hilang akibat terkena benturan alat berat saat proses penggalian. Kedua arca telah diserahkan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta.

Kapolsek Ngemplak, Sleman, Kompol Wiwik Heritulasmi mengatakan, penemuan dua arca ini berawal saat operator beckhoe menggali tanah di lokasi itu. Sekitar kedalaman 4 meter, beckhoe menyentuh batu. Setelah diangkat batu tersebut merupakan perwujudan arca. Penggalian kembali dilanjutkan dan menyentuh batu lagi. Sama halnya yang pertama, setelah diangkat juga perwujudan arca dan batu candi.

Arca pertama adalah Arca Nandi (lembu) berukuran panjang 60 cm dan tinggi 40 cm. Sedangkan yang kedua adalah Arca Agastya dengan ukuran lebar 30 cm dan tinggi 80 cm. Penggalian terpaksa dihentikan dan temuan itu dilaporkan ke Polsek Ngemplak. Petugas menindaklanjuti dengan mendatangi lokasi penemuan penyelidikan.

"Untuk kepentingan itu, petugas memasang police line dan menghentikan penggalian sementara. Dua arca dibawa ke Polsek Ngemplak dan sekarang sudah diserahkan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta," kata Wiwik, Rabu (29/1/2020).

Menurut Kapolsek, dari ciri-cirinya, kedua arca menunjukkan dari Abad ke-9 ayau tahun 800-an Masehi.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8842 seconds (0.1#10.140)