Sardjito dan Panembahan Senopati Jadi RS Rujukan Pasien Corona

Rabu, 29 Januari 2020 - 11:26 WIB
Sardjito dan Panembahan Senopati Jadi RS Rujukan Pasien Corona
RSUP Dr Sardjito Yogyakarta dan Rumah Sakit Panembahan Senopati, Bantul disiapkan sebagai rumah sakit rujukan pasien terpapar virus corona. FOTO/SARDJITO.CO.ID
A A A
YOGYAKARTA - Virus corona yang mewabah di China hingga kini belum menyebar masuk ke wilayah Indonesia. Meski begitu, beberapa pemerintah daerah mulai mempersiapkan diri menghadapi virus mematikan tersebut.

Seperti Pemda DIY yang telah menyiapkan RSUP Dr Sardjito Yogyakarta dan Rumah Sakit Panembahan Senopati, Bantul sebagai rumah sakit rujukan pasien terpapar virus corona. "Bila ditemukan penderita virus corona, kami sudah siapkan dua rumah sakit rujukan," kata Kepala Pelaksana BPBD DIY Biworo Yuswantono di sela rakor kesiapsiagaan dan pengendalian bencana, Selasa (28/1/2020).

Kedua rumah sakit ini sudah memiliki ruang isolasi serta tenaga medis yang dibekali pengalaman dalam menangani penyakit rawan menular.

Menurut Biworo, rapat koordinasi dilakukan untuk menindaklanjuti pedoman kesiapsiagaan menghadapi virus korona yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan.

Sementara itu, Ketua Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi RSUP Dr Sardjito Andaru Dahesih Dewi memastikan fasilitas untuk penanganan pasien terjangkit virus korona sesuai standar.

"Selain ruangan khusus termasuk ruang isolasi juga telah disiapkan sesuai dengan standar dan panduan yang ada," ujarnya.

Untuk deteksi dini, Bandara Adisutjipto Yogyakarta dipasang alat berupa thermal scanner. Setiap penumpang dari luar negeri wajib menjadi screening. Jika ditemukan suhu tinggi dengan gejala awal Korona, akan langsung menjalani pemeriksaan intensif, hingga dirujuk ke rumah sakit.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4096 seconds (0.1#10.140)