alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Waspada! Hujan Lebat Bakal Mengguyur Jateng Sepekan Ini

Ahmad Antoni
Waspada! Hujan Lebat Bakal Mengguyur Jateng Sepekan Ini
Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang memprakirakan dalam periode sepekan ke depan, curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir berpotensi terjadi di sejumlah wilayah. FOTO/DOK.iNews

SEMARANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut sirkulasi siklonik di sekitar perairan barat daya Lampung menyebabkan terbentuknya belokan angin di sekitar wilayah Jawa. Sementara itu, kondisi labilitas atmosfer cukup signifikan menyebabkan peningkatan massa udara basah di wilayah Jawa Tengah.

Kepala BMKG Ahmad Yani Semarang, Achadi Subarkah Raharjo mengatakan, faktor tersebut menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan yang cukup signifikan di wilayah Jawa Tengah. Berdasarkan kondisi tersebut, Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang memprakirakan dalam periode sepekan ke depan, curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir berpotensi terjadi di sejumlah wilayah.

"Hujan lebat diperkirakan terjadi pada Rabu (29/1/2020) meliputi wilayah Majenang, Bumiayu, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Magelang, Kebumen, Purworejo, Temanggung, Sragen, Karanganyar, Wonogiri, Surakarta, Klaten, Sukoharjo," kata Achadi dalam siaran pers, Rabu (29/1/2020).



Kemudian pada Kamis (30/1/2020) terjadi di wilayah Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Sragen, Karangnyar, Klaten, Magelang,Purworejo, Boyolali, Blora, Purwodadi, Pantura barat-tengah sisi selatan.

"Untuk tanggal 31 Januari hingga 2 Februari di wilayah Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Kendal, Batang, Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara,Wonosobo, Magelang, Temanggung, KabupatenSemarang, Klaten, Boyolali, Surakarta, Sragen, Karanganyar, Sukoharjo, Wonogiri, Purworejo, Jepara, Karimun Jawa, Blora, Purwodadi," katanya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.



(amm)