alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gempar, Gading Gajah Berusia 700 Tahun Ditemukan di Bonagung Sragen

Joko Piroso
Gempar, Gading Gajah Berusia 700 Tahun Ditemukan di Bonagung Sragen
Warga dan petugas BPSMPS Sangiran, Sragen mengamati fosil gading gajah berusia 700 tahun yang ditemukan oleh warga Bonagung, Kecamatan Tanon, Sragen, Selasa (28/1/2020). FOTO/iNews/JOKO PIROSO

SRAGEN - Warga Desa Bonagung, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen digemparkan dengan penemuan fosil gading gajah di tanah tegalan milik warga, Selasa (28/1/2020). Gading sepanjang 4 meter tersebut diperkirakan berusia 700 tahun.

Warga Bonagung, Puryanto menuturkan, fosil gading gajah pertama kali ditemukan ketika dirinya mengolah lahan untuk ditanami benih jagung. Saat mencangkul, tiba-tiba ujung cangkulnya mengenai benda keras seperti batu.

Awalnya Puryanto mengira benda keras itu adalah batu tapi setelah dicek ternyata bukan. Puryanto kemudian meminta tolong kepada petani lain, Giyono untuk membantu menggalinya. "Setelah kami berdua gali, kami temukan gading gajah sepanjang empat meter. Lalu saya bawa pulang ke rumah," kata Puryanto kepada wartawan, Selasa (29/1/2030).



Kepala Seksi di Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran (BPSMPS) Sangiran, Sragen, Doni Wiranto, memastikan bahwa temuan Puryanto adalah gading gajah. Dengan gading sepanjang empat meter itu, diperkirakan badan gajah juga setinggi empat meter dengan usia sekitar 700 tahun.

Penemuan gading gajah ini bukan kali pertama. Sebelumnya warga di seputaran lahan di Bonagung ternyata juga kerap menemukan beberapa benda sejenis. Mulai dari cula gading badak, gigi kudanil plus kepala, tulang gajah, menjangan, dan tanduk beruang.



(amm)