Jurus Tangkal Virus Corona, Jangan Panik!

Selasa, 28 Januari 2020 - 21:10 WIB
Jurus Tangkal Virus Corona, Jangan Panik!
Salah satu warga Wuhan yang terinfeksi virus 2019-nCoV ambruk di lantai saat antre untuk memperoleh dokumen. Foto/Instagram/Daily Mirror
A A A
SEMARANG - Virus corona asal Wuhan China menggegerkan seantero jagat karena menelan korban jiwa hingga puluhan orang. Tanah Air pun tak kalah heboh, karena sejumlah orang harus mendapatkan perawatan di ruang isolasi karena diduga terpapar corona.

Ketua Tim Penyakit Infeksi Emerging RSUP dr Kariadi, Dr dr Muchlis Achsan Udji, SpPD-KPTI, mengimbau masyarakat mesti tenang di tengah santernya pemberitaan virus corona. Terlebih banyak informasi yang berseliweran di media sosial yang belum diketahui pasti kebenarannya.

"Kami tetap waspada, tidak terlena tapi mohon jangan berlebihan karena seperti yang kami sampaikan, kalau kita terlalu panik sistem kekebalan tubuh kita akan turun drastis," kata dr Muchlis, Selasa (28/1/2020).

"Sementara virus itu sebetulnya bisa ditangani kalau sistem kekebalan tubuh kita baik. Jadi walaupun virus itu masuk kalau sistem imun kita bagus itu akan tereliminasi dengan sendirinya," tegas dia.

Dia melanjutkan, masyarakat mesti meningkatkan pola hidup sehat, dengan makan teratur dan bergizi. Selain itu, istirahat yang cukup juga akan menjadikan tubuh lebih kuat sehingga tak mudah terserang penyakit.

"Jangan lupa kita juga harus hidup sehat, cukup makan dan teratur. Dan yang terpenting jangan panik," tegasnya.

Direktur Medik dan Keperawatan RSUP dr Kariadi, dr Agoes Oerip, SpOG(K), MARS, menambahkan, pihaknya siap memberikan pelayanan terbaik bagi pasien yang diduga terpapar corona. Selain tempat perawatan berupa ruang isolasi, juga disiagakan dokter-dokter terbaik.

"Secara prinsip kami siap menerima kalau misalnya ada kasus. Mari mengedukasi terkait pencegahan infeksi, bagaimana cuci tangan, bagaimana pola hidup sehat, kebiasaan cuci tangan dan sebagainya," pungkas dia.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.0655 seconds (0.1#10.140)