27 Pekerja Asing Kembali ke Cilacap Setelah Mudik dari China

Selasa, 28 Januari 2020 - 18:13 WIB
27 Pekerja Asing Kembali ke Cilacap Setelah Mudik dari China
Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap melakukan pemantauan kepada 27 tenaga kerja asing asal China yang berada di wilayahnya. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
CILACAP - Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap melakukan pemantauan kepada 27 tenaga kerja asing asal China yang berada di wilayahnya. Sejak 18 Januari hingga 22 Januari 2020, mereka bersama keluarganya kembali dari China usai cuti kerja.

"Kami akan melaksanakan pemantauan kepada 27 orang tersebut dimulai hari ini. Mereka tidak menunjukkan gejala (sakit) apa-apa, jadi kita pantau saja. Kami mengimbau kepada semua karyawan agar selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat," kata Kepala Dinas Kesehatan Cilacap, Pramesti Griana Dewi, Selasa (28/1/2020).

Untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, kata Pramesti, seluruh Puskesmas juga telah diminta untuk memantau wilayahnya masing-masing. Pemantauan ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona. (Baca Juga: Pasien Mirip Virus Corona di RSUP Kariadi Mahasiswa S3 Wuhan)

Selain itu, Dinkes Cilacap untuk sementara waktu melarang Tenaga Kerja Asing (TKA) yang sedang cuti dan pulang ke negara asal kembali ke Kabupaten Cilacap.

Berdasarkan pendataan yang dilakukan di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Cilacap saat ini terdapat enam TKA asal China yang pulang ke negara asalnya karena sedang cuti. "Berdasarkan hasil koordinasi dengan PLTU, TKA yang masih cuti tidak boleh kembali ke Cilacap sampai kejadian mereda. Kalau data terakhir ada enam yang masih di negara asalnya," kata Pramesti.

Larangan kembali bagi TKA yg saat ini mudik di negara China ini belum dipastikan sampai kapan diberlakukan. Dinkes Cilacap masih menunggu kebijakan lanjut dari Kementerian Kesehatan.

"Kita nunggu situasi, dari pemerintah mungkin ada kebijakan nanti, kita belum tahu nanti perkembangannya bagaimana. Informasi pelarangan akan disampaikan manajemen PLTU kepada karyawannya," ujar Pramesti.

Sementra itu, warga negara China di Cilacap berinisial LS (29) yang diduga terinfeksi virus corona masih diobservasi di ruang isolasi RSUD Margono Soekarjo Purwokerto. WNA asal China tersebut merupakan keluarga dari TKA di PLTU yang baru kembali dari negara asalnya. (Baca Juga: WNA China Diduga Terinfeksi Virus Corona Masih Diisolasi di RSUD Margono)
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8861 seconds (0.1#10.140)