Harga Cabai di Kulonprogo Tembus Rp80 Ribu

Selasa, 28 Januari 2020 - 17:37 WIB
Harga Cabai di Kulonprogo Tembus Rp80 Ribu
Harga cabai di Kabupaten Kulonprogo tembus Rp80 ribu per kilogram. FOTO : DOK SINDOnews
A A A
KULONPROGO - Harga cabai di Kabupaten Kulonprogo semakin pedas. Sejak dua pekan belakangan harga cabai mencapai Rp80 ribu per kilogram. Akibatnya banyak pembeli yang mengurangi pembelian.

Seorang pedagang bumbu dan sayuran di Pasar Wates Wasirah mengatakan harga cabai mengalami peningkatan sejak dua pekan ini. Saat ini harga cabai rawit setan mencapai Rp80 ribu per kilogram. Sedangkan cabai merah mencapai Rp60 ribu, cabai hijau Rp40 ribu. “Paling mahal cabai setan, karena memang pedas dan harganya mahal,”jelasnya.

Menurutnya, terkereknya harga cabai setan di harga itu cukup stabil. Dalam beberapa hari, harganya sama dan tidak ada perubahan. Kebanyakan cabai ini didatangkan dari Temanggung dan Wonosobo. Sedangkan cabai setan lokal, kurang disukai masyarakat.

Lantaran harga cabai mahal, penjualan Wasirah mengalami penurunan. Jika harga murah bisa menjual hingga 10 kilogram, kini setiap harinya maksimal 5 kilogram. Banyak pembeli mengurangi, atau mengganti dengan cabai lain. “Dulu banyak dibeli untuk sambal, sekarang berkurang,”jelasnya.

Pedagang yang lain, Marsiyem mengatakan harga cabai yang mahal membuat stoknya dikurangi. Dia tidak berani menyetok karena takut merugi. Selain bisa busuk, konsumen juga mengurangi dalam pembelian. “Sekarang hanya stok 5 kilogram, kalau banyak takut rugi,”jelasnya.

Sementara pembeli, Praptiwi mengaku mengurangi pembelian cabai setan. Dia memilih mengkombinasikan dengan cabai rawit hijau dan cabai keriting untuk kebutuhan sambel bakso. Jika tetap menggunakan cabai setan, jelas tidak memungkinkan, karena harganya mahal. “Kita ganti dengan rawit hijau dan keriting. Kalau pakai cabai setan, kita campur juga biar pedas,”jelasnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.3578 seconds (0.1#10.140)