alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

RSUD Salatiga Merujuk Pasien Flu dari Wuhan ke RSUP Kariadi

Angga Rosa
RSUD Salatiga Merujuk Pasien Flu dari Wuhan ke RSUP Kariadi
RSUD Salatiga menyatakan hingga saat ini belum menangani pasien yang terindikasi terinfeksi virus corona. FOTO/inhealth.co.id

SALATIGA - RSUD Salatiga menyatakan hingga saat ini belum menangani pasien yang terindikasi terinfeksi virus corona. Namun, pernah ada pasien yang memeriksakan diri karena mengalami flu dan mengaku pernah berkunjung ke Wuhan, China.

"Setelah diperiksa oleh dokter spesialis paru-paru dokter, pasien tersebut dirujuk ke Rumah Sakit Kariadi (RSUP Dr Kariadi) Semarang. Soal apalah suspect corona atau bukan belum ada kejelasan," kata Direktur RSUD Salatiga Sri Pamudji Eko Sudarko, Selasa (28/1/2020).

Meski sejauh ini belum ada pasien yang terpapar virus corona, tapi rumah sakit pelat merah ini telah menyiapkan satu ruang khusus untuk isolasi pasien yang terjangkit virus mematikan itu. Ruang isolasi dilengkapi dengan peralatan medis yang memadai dan tim dokter. (Baca juga: Pasien Mirip Virus Corona di RSUP Kariadi Mahasiswa S3 Wuhan)



"Ini langkah yang kami lakukan untuk menghadapi penyebaran virus corona. Namun kami berharap, tidak ada warga Salatiga yang terpapar virus corona," katanya.

Sri Pamudji mengimbau kepada masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta menjaga kebersihan sanitasi. Itu merupakan langkah yang paling efektif untuk menjaga kesehatan dan antisipasi dini semua jenis penyakit.

"Jaga kebersihan lingkungan dan berolahraga. Pola hidup bersih dan sehat cara yang paling efektif untuk mencegah penyakit," katanya. (Baca juga: WNA Tiongkok Diduga Terinfeksi Virus Corona Dirawat di Cilacap)



(amm)