alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Fraksi Gerindra Sleman Dorong Kader Internal Maju Pilkada Sleman

Priyo Setyawan
Fraksi Gerindra Sleman Dorong Kader Internal Maju Pilkada Sleman
Sekretaris Fraksi Gerindra Sleman Muhammad Arif P Santoso (kiri) dan Ketua DPC Gerindra Sleman Sukaptono usai memberikan keterangan pers terkait Pilkada Sleman 2020, Senin (27/1/2020). Foto/SINDOnews/Priyo Setyawan

SLEMAN - Fraksi Gerinda DPRD Sleman mendorong Wakil Ketua DPP Partai Gerindra Danang Wicaksana Sulistya maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Dalam proses penjaringan aspirasi kader partai, nama Danang menempati posisi teratas calon dari internal.

Selain itu, saat Pilkada 2015 silam, popularitas Danang Wicaksana Sulistya juga cukup tinggi, mendapatkan 23% suara. Perolehan ini menjadi modal pada Pilkada Sleman 2020. "Itulah alasan kami mendorong Danang Wicaksana Sulistya maju dalam percaturan Pilkada Sleman 2020," kata Sekretaris Fraksi Gerindra DPRD Sleman M Arif P Susanto di kantor DPC Partai Gerindra Sleman, Senin (27/1/2020).

Menurut Arif, jumlah kursi dan peroleh suara Partai Gerindra di Sleman dalam Pemilu 2019 tidak cukup untuk mengusung calon sendiri, sehingga butuh koalisi dengan partai lain. Karena itu, dia berharap koalisi nanti bisa menerima Danang, baik sebagai calon bupati maupun calon wakil bupati. "Ini nanti kita bicarakan saat pertemuan dengan partai koalisi," ujarnya.



Saat ini pihaknya masih menjajaki komunikasi dengan partai lain. Sebab, situasi di semua partai sama yaitu masih dalam tahap pembicaraan informal. Belum ada partai yang saling bertemu secara formal membahas Pilkada Sleman 2020.

"Untuk pertemuan formal kami baru dengan Koalisi Kebangsaan. Namun tetap belum cukup, sebab koalisi itu hanya memiliki 3 kursi di DPRD Sleman, lainnya partai nonparleman," katanya.

Ketua DPC Partai Gerindra Sleman, Sukaptana mengakui belum ada komunikasi formal dengan partai lain. Namun komunikasi informal telah dilakukan dengan pengurus PAN dan PDIP.

Sukaptana mengungkapkan, hingga saat ini sudah ada empat nama yang mengambil dan mengembalikan formulir pendaftaran calon kepala daerah Sleman ke Partai Gerindra. Masing-masing, Sri Muslimatun, Nadjib Gisymar, Amin Purnomo, dan Sukaptono. Keempat nama itu telah diajukan ke DPD dan diteruskan ke DPP Partai Gerindra.

"Kami tetap akan laporkan ke tim seleksi, nanti yang direkom (rekomendasi) siapa. Tapi dari internal Gerindra Sleman nama yang mengerucut Danang Wicaksana Sulistya," katanya.



(amm)