Panpel Minta Ganjar Pinjamkan Stadion Jatidiri untuk Markas PSIS

Senin, 27 Januari 2020 - 16:45 WIB
Panpel Minta Ganjar Pinjamkan Stadion Jatidiri untuk Markas PSIS
Stadion Citarum bakal menjadi salah satu home base bagi PSIS. Namun manajemen berharap PSIS bisa merumput di Stadion Jatidiri. FOTO/SINDOnews/AHMAD ANTONI
A A A
SEMARANG - PSIS sudah tak sabar ingin kembali ke rumah dan menjajal Stadion Jatidiri Semarang saat melakoni kompetisi Liga 1 2020 yang akan digulirkan mulai 29 Februari mendatang. Meski pembangunan stadion belum 100% selesai, manajemen telah mendaftarkannya menjadi salah satu dari enam stadion untuk dijadikan home base. Harapannya, di pertengahan musim Liga 1, tim Mahesa Jenar bisa merumput di Jatidiri.

Tak ayal, manajemen PSIS sangat berharap kepada Pemprov Jateng untuk bisa meminjamkan Stadion Jatidiri sebagai home base tim kebanggaan Wong Semarang. Pertimbangannya, pengerjaan lapangan berstandar internasional sudah selesai dan kapasitas penonton yang mampu menampung hingga 45.000 orang.

"Selama ini tempat latihan dan pertandingan kandang kerap berpindah. Terakhir, laga kandang PSIS masih numpang di Stadion Moch Subroto, Magelang," kata Ketua Panpel PSIS, Danur Risprianto saat jumpa pers di kompleks Stadion Citarum Semarang, Senin (27/1/2020). (Baca Juga: Hadapi Liga 1 2020, PSIS Daftarkan Enam Stadion Jadi Home Base)

"Padahal PSIS kan ada 5 tim. Karena itu, kami berharap Pak Ganjar mau meminjamkan Stadion Jatidiri untuk PSIS," katanya.

Menurutnya, Stadion Citarum memang telah disiapkan sebagai home base skuad Mahesa Jenar menghadapi Liga 1 2020, kini sudah tampak berubah wajah.

"Sejumlah fasilitas pendukung untuk pemain sudah siap. Seperti ruang ganti pemain dan sebagainya. PSIS telah merogoh kocek hingga Rp2,4 miliar," kata anggota DPRD Kota Semarang ini.

Dia menambahkan, kondisi lapangan juga tampak lebih rapi. Itu karena menggunakan rumput sintetis berstandar FIFA dengan menelan anggaran Pemkot Semarang sebesar Rp16 miliar.

"Namun kapasitas penonton masih jadi pertimbangan. Karena tribun Citarum hanya berkapasitas 5.000 tempat duduk penonton. Ada kemungkinan, tidak cukup menampung jumlah penonton ketika PSIS harus bermain kandang. Terutama saat menjamu musuh bebuyutan di Liga 1. Kalau kapasitas penonton Stadion Jatidiri kan bisa menampung 45.000 penonton," katanya.

Sementara CEO PSIS, Yoyok Sukawi mengutarakan bahwa Pemprov Jateng akan mendapatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) berlipat apabila Stadion Jatidiri dipinjamkan untuk PSIS. "Kalau boleh kami gunakan, nilai (PAD) Jatidiri bisa berlipat. Tentunya ini juga menjadi keuntungan untuk pemprov," kata Yoyok.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7924 seconds (0.1#10.140)