Virus Ganas Mengintai, Kemlu Siap Evakuasi 243 WNI di Hubei China

Senin, 27 Januari 2020 - 17:30 WIB
Virus Ganas Mengintai, Kemlu Siap Evakuasi 243 WNI di Hubei China
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia Teuku Faizasyah. Foto/SINDOnews/Victor Maulana
A A A
JAKARTA - Virus ganas mematikan mengintai WNI yang sedang ada di China. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia mengisyaratkan akan mengevakusi para warga negara Indonesia (WNI) yang berada di daerah terdampak virus Corona jenis baru di China. Ada 243 WNI di Provinsi Hubei, wilayah yang jadi pusat penyebaran virus yang bernama resmi 2019-nCoV tersebut.

"Guna merancang secara lebih detail upaya tambahan yang perlu diambil, pada tanggal 26 Januari telah diadakan video conference (konferensi video) antara Kemlu, Kemenkes (Kementerian Kesehatan), KBRI Beijing, KJRI Shanghai, KJRI Ghuangzhou, KJRI Hong Kong dab KDEI Taipe. Video conference juga membahas rencana kontijensi dan langkah-langkah koordinasi dengan otoritas China mengenai opsi evakuasi WNI," kata juru bicara Kemlu, Teuku Faizasyah, Senin (27/1/2020).

Diplomat yang akrab disapa Faiza itu menuturkan bahwa pihaknya juga melakukan komunikasi dengan perwakilan asing di China yang kemungkinan akan mengambil opsi serupa.

Ditanya mengenai teknis evakuasi para WNI, Faiza mengatakan belum ada persiapan teknis sampai saat ini. Namun, semua sistem sudah siap, sehingga ketika memang evakuasi harus dilakukan, semuanya bisa dilakukan dengan cepat.

"Kita akan melakukan assessment dari waktu ke waktu, nanti kita berikan bantuan finansial juga. Untuk persiapan teknis belum ada, yang penting semua sistem sudah siap dan siap diaktifkan jika kita perlukan," katanya.

"Teknis evakuasinya yang penting data semua orang sudah kita miliki dan nanti pada waktunya kita tadi sampaikan protap-nya untuk mereka patuhi. Semuanya akan banyak mendapat arahan dari pemerintah China karena kita tidak bisa bekerja sendiri," imbuh Faiza.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0152 seconds (0.1#10.140)