alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

UGM Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi 4ICU

Priyo Setyawan
UGM Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi 4ICU
Universitas Gadjah Mada (UGM) menduduki peringkat pertama perguruan tinggi di Indonesia versi 4 International Colleges & Universities (4ICU) tahun 2019. FOTO/DOK ugm.ac.id

YOGYAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) menduduki peringkat pertama perguruan tinggi di Indonesia versi 4 International Colleges & Universities (4ICU) tahun 2019. Untuk di tingkat dunia, UGM berada di posisi ke-343.

Pemeringkatan 4ICU ini berdasarkan pada alogaritma dari lima web metrics berbeda dari empat mesin pencari independen yaitu Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, SimilarWeb Global Rank, Majestic Referring Domains, serta Majestic Trust Flow.

4ICUsendiri merupakan situs direktori pendidikan tinggi internasional yang memberikan ulasan dan peringkat popularitas perguruan tinggi dunia berdasarkan keterkenalan website yang dimiliki. Penilaian dilakukan pada lebih dari 13.000 perguruan tinggi di 200 negara.



Direktur Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSSDI), Widyawan mengatakan peringkat yang diperoleh bukan hanya menunjukkan popularitas UGM yang dilihat dari banyaknya jumlah kunjungan ke website UGM, namun juga jumlah akses dari luar ke berbagai situs dibawah domain ugm.ac.id.

Daily page view ke seluruh domain ugm.ac.id mencapai angka 1,1 juta setiap harinya. Sedangkan daily visitor-nya 360 ribu per hari,” terang Widyawan dalam siaran persnya yang diterima Sindonews, Rabu (13/2/2019).

Widyawan menjelaskan popularitas website UGM ini tidak semata-mata karena website dikembangkan dengan tampilan menarik dan navigasi yang memudahkan pengunjung, namun juga didukung dengan konten dan informasi yang ditampikan secara berkualitas dan relevan serta bermanfaat.

Di antaranya dengan terus meningkatkan kapasitas bandwith dari waktu ke waktu. Tahun 2013 kapasitas bandwith yang disedikan diangka 250 mega byte dan terus ditambah hingga saat ini menjadi 6 giga byte. Sehingga dengan dukungan infrastruktur yang memadai ini, menjadikan respon di website UGM bisa berjalan cepat.

“Adanya dukungan infrastruktur teknologi informasi yang baik dan bandwith besar ini semakin mempermudah masyarakat umum untuk mengakses berbagai konten digital di UGM. Untuk itu, kdepan kita akan terus memperbanyak infrastruktur TI, bandwith, serta memperbaiki data center supaya akses masyarakat ke website UGM semakin mudah,” jelasnya

Menurut Widyawam penyempurnaan konten juga akan terus dilakukan dengan membuat tampilan web menjadi semakin menarik. Selain itu guna memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi didalamnya, juga akan memperkaya konten berbahasa Inggris dan melakukan standarisasi web
internal UGM dari sisi konten dan navigasi. (Baca juga :UGM Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi Webometric)



(nun)

loading...