Terus Mengancam, Virus Corona Sebabkan 56 Orang Meninggal Dunia

Senin, 27 Januari 2020 - 08:45 WIB
Terus Mengancam, Virus Corona Sebabkan 56 Orang Meninggal Dunia
Sebanyak 56 orang meninggal dunia terinfeksi virus corona. Foto/Central Hospital of Wuhan/Weibo/via REUTERS
A A A
BEIJING - Virus corona yang muncul pertama kali di Wuhan, China hingga saat ini belum bisa dikendalikan. Sebanyak 56 orang tewas akibat virus 2019-nCov, jenis baru dari coronavirus.

Kantor berita Xinhua melaporkan, 237 pasien berada dalam kondisi kritis dan ada 1.900 kasus yang telah dikonfirmasi. Petugas kesehatan di kota Wuhan mengatakan, pasokan obat di rumah sakit hampir habis karena mereka merawat semakin banyak pasien.

Melalui percakapan telepon dengan CNN dan posting di media sosial China, sejumlah sumber mengisahkan tentang kesulitan yang dihadapi kru medis Wuhan di lapangan. Mereka memberi tahu sumber daya rumah sakit yang rendah.

"Dalam hal sumber daya, seluruh Wuhan kurang," kata seorang petugas kesehatan yang berbasis di Wuhan kepada CNN melalui telepon. Sumber itu mengatakan, bahwa mereka mencari lebih banyak pakaian pelindung, kacamata pelindung, dan topeng.

"Ini benar-benar seperti kita akan berperang tanpa busana," tambah seorang petugas kesehatan, menggunakan idiom Cina yang sama dengan "pergi berperang tanpa baju besi".

Salah satu staf rumah sakit mengklaim bahwa petugas layanan kesehatan telah menggunakan popok untuk bekerja agar tidak harus melepas pakaian HAZMAT mereka, yang mereka katakan kekurangan pasokan.

Pemerintah China sendiri mengumumkan akan mengirim lebih dari 1.200 tenaga kesehatan, serta 135 tenaga medis militer ke Wuhan. Ini adalah upaya yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk menahan penyebaran virus.

Akibat merebaknya virus ini, perayaan Tahun Baru Imlek menjadi kurang meriah di China. Sementara lebih dari 60 juta orang diisolasi di sebagian provinsi Hubei dan Guangdong. Sebagian besar kasus dikonfirmasi berada di China, sementara setidaknya 13 tempat di luar daratan China, termasuk Perancis, Australia, dan Amerika Serikat melaporkan kasus pertama mereka.

Di Kanada, para pejabat kesehatan pada hari Sabtu mengumumkan kasus positif pertama dari virus Corona. Kasus ini sedang menunggu konfirmasi tambahan dari laboratorium medis nasional negara itu.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8788 seconds (0.1#10.140)