Afghanistan Serbu Basis Taliban, 51 Teroris Tewas

Minggu, 26 Januari 2020 - 23:56 WIB
Afghanistan Serbu Basis Taliban, 51 Teroris Tewas
ilustrasi : DOK Sindonews
A A A
KABUL - Tentara Afghanistan melancarkan serangan darat dan udara ke sejumlah basis Taliban selama 24 jam terakhir. Seperti dilaporkan Reuters, Minggu (26/1), serangan itu menewaskan 51 anggota Taliban.

Kementerian Pertahanan Afghanistan menyatakan, pasukan pemerintah telah melakukan 13 serangan darat dan 12 serangan udara di sembilan provinsi. Kementerian itu menambahkan, setidaknya 51 "teroris" telah tewas, 13 terluka, dan enam ditangkap.

Pejabat lokal di provinsi utara Balkh mengatakan, sedikitnya tiga wanita dan empat anak tewas dalam serangan udara tersebut. Serangan itu juga memicu aksi protes di depan kantor gubernur provinsi. Pemerintah berjanji untuk mengirim misi pencarian fakta untuk menyelidiki laporan kematian warga sipil.

Sementara itu, Taliban mengatakan telah melancarkan dua serangan lagi yang menargetkan pasukan keamanan selama akhir pekan. Serangan ini dilancarkan, setelah sebelumnya Taliban melancarkan serangan sporadis minggu lalu.

Juru bicara Taliban, Zabiullah Mujahid mengatakan dalam sebuah pernyataan, pos pemeriksaan pasukan keamanan Afghanistan di Kunduz diserang pada Sabtu malam. Ia menambahkan, 10 anggota pasukan keamanan tewas dan tiga lainnya cedera. Pejuang Taliban juga berhasil menyita sejumlah senjata mesin berat.

Dalam sebuah pernyataan terpisah, Taliban menyatakan, para pejuangnya telah menyergap patroli pasukan Afghanistan di Balkh dan menewaskan delapan personel keamanan.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3287 seconds (0.1#10.140)