Ganjar Perintahkan Jalur Evakuasi Gunung Merapi Segera Diperbaiki

Rabu, 13 Februari 2019 - 15:12 WIB
Ganjar Perintahkan Jalur Evakuasi Gunung Merapi Segera Diperbaiki
Gubernur Ganjar Jateng Pranowo berbincang dengan Kepala BNPB Letjen Doni Monardo sebelum acara Rakor Penanggulangan Bencana se Jawa Tengah Tahun 2019 di Kantor Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Semarang, Rabu (13/2/2019). FOTO/IST
A A A
SEMARANG - Jalur evakuasi Gunung Merapi di Kabupaten Magelang, Klaten, dan Boyolali mengalami kerusakan cukup parah. Selain karena hujan yang terus mengguyur kawasan itu, juga diakibatkan oleh aktivitas penambangan yang overdimention and overload.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta agar bantuan keuangan provinsi diarahkan untuk perbaikan jalur di tiga kabupaten tersebut. Pasalnya, jika tidak segera diperbaiki, akan mengganggu dan membahayakan warga yang hendak mengungsi saat Gunung Merapi erupsi.

"Perbaikan akan segera dilakukan. Nanti yang mengerjakan daerah setelah bantuan keuangan sudah cair," kata Ganjar saat ditemui seusai Rapat Koordinasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) se-Jateng di Gedung B lantai 5, Pemprov Jateng, Semarang, Rabu (13/2/2019). (Baca Juga: Jalur Evakuasi Gunung Merapi di Klaten dan Magelang Rusak)

Selain soal jalan rusak, pemerintah juga memberikan edukasi kepada masyarakat di lereng Merapi dan memanfaatkan radio komunitas untuk membantu memberikan sosialisasi dan edukasi soal mitigasi kebencanaan.

Ganjar Perintahkan Jalur Evakuasi Gunung Merapi Segera Diperbaiki


Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida menambahkan, aktivitas Gunung Merapi saat ini setelah erupsi besar pada 2010, sifatnya kembali ke karakter aslinya.

"Saat ini yang terjadi erupsi kecil-kecil. Yang harus diwaspadai justru awan panas," ujarnya. (Baca Juga: Gunung Merapi Kembali Luncurkan Awan Panas, Warga Diminta Waspada)

Gayatri Indah Marliyani dari Fakultas Teknik Geologi UGM menandaskan, masyarakat juga perlu diajak membaca potensi kegempaan dan mitigasi Gunung Merapi. "Apapun bencananya, dampak paling besar adalah masalah ekonomi," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3088 seconds (0.1#10.140)