Gawat 2.000 Orang Terinfeksi Corona, 56 Meninggal di China

Minggu, 26 Januari 2020 - 11:01 WIB
Gawat 2.000 Orang Terinfeksi Corona, 56 Meninggal di China
Orang-orang antre di luar toko obat untuk membeli masker di Shanghai, China, pada 21 Januari 2020. Foto/REUTERS/Aly Song
A A A
SHANGHAI - Virus ganas dan mematikan asal China menyebar dengan cepat. Lebih dari 2.000 orang di seluruh dunia telah terinfeksi virus corona, sebagian besar di China, di mana 56 orang telah meninggal karena penyakit itu berdasarkan angka resmi yang dirilis Minggu (26/1/2020) yang dikutip Reuters.

Presiden Xi Jinping mengatakan dalam pertemuan politbiro pada hari Sabtu (25/1) bahwa China menghadapi "situasi yang serius", ketika otoritas kesehatan di seluruh dunia berjuang untuk mencegah pandemi. (Baca Juga: Turis Asal China Terus Masuk ke Manado
Virus yang diyakini berasal akhir tahun lalu di pasar makanan laut di pusat Kota Wuhan di China yang menjual satwa liar secara ilegal, telah menyebar ke kota-kota China termasuk Beijing dan Shanghai, serta Amerika Serikat, Thailand, Korea Selatan, Jepang, Australia, Prancis dan Kanada.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) minggu ini berhenti menyebut wabah sebagai darurat kesehatan global, tetapi beberapa pakar kesehatan mempertanyakan apakah China dapat terus menahan epidemi.

Pada hari Minggu, China mengkonfirmasi 1.975 kasus pasien yang terinfeksi dengan virus corona baru pada 25 Januari, sementara jumlah kematian akibat virus telah meningkat menjadi 56, siaran CCTV negara melaporkan.

Wabah itu telah mendorong pelebaran pembatasan pada pergerakan di dalam China, dengan Wuhan, sebuah kota berpenduduk 11 juta, pada penguncian virtual, dengan jaringan transportasi terputus semua kecuali untuk kendaraan darurat.

Otoritas kesehatan di Beijing mendesak orang-orang untuk tidak berjabatan tangan, melainkan memberi hormat menggunakan gerakan tradisional yang ditangkupkan. Saran itu dikirim dalam pesan teks yang dikirimkan ke pengguna ponsel di kota pada hari Minggu pagi.

Pada hari Sabtu, Kanada mengumumkan kasus "dugaan" pertama yang dikonfirmasi tentang virus pada seorang penduduk yang telah kembali dari Wuhan. Pasien, seorang pria berusia 50-an, tiba di Toronto pada 22 Januari dan dirawat di rumah sakit pada hari berikutnya setelah mengalami gejala penyakit pernapasan, kata para pejabat.

Wabah ini juga membayangi Tahun Baru Imlek, yang biasanya merupakan tahun yang meriah, dengan acara-acara publik dibatalkan dan banyak lokasi wisata ditutup. Banyak orang di media sosial telah menyerukan liburan selama seminggu untuk diperpanjang untuk membantu mencegah penyebaran virus lebih lanjut.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6070 seconds (0.1#10.140)