Baru Saja dari China, Seorang WNI Diisolasi di RS Kandou Manado

Minggu, 26 Januari 2020 - 10:37 WIB
Baru Saja dari China, Seorang WNI Diisolasi di RS Kandou Manado
ilustrasi : DOK Sindonews
A A A
MANADO - Seorang penerjemah pemandu wisata ke China termasuk ke Kota Wuhan, diduga terjangkit virus corona. Kini, G (25) inisial perempuan itu tengah dirawat di Ruang Isolasi RSUP Prof Kandou Malalayang.

"Dalam menyikapi danya kasus terduga pasien corona virus yang sementara dirawat di RSUP Prof Kandou, yang bersangkutan bukan warga negara China, tapi warga negara Indonesia yang bekerja sebagai interpreter di maskapai Lion Air," kata Kepala Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara dr. Debie Kalalo, Minggu (26/1/2020).

"Tindakan isolasi yang dilakukan oleh aparat kesehatan berdasarkan pada beberapa pertimbangan yakni adanya riwayat perjalanan ke lokasi terjangkit di China dan yang bersangkutan mengeluh dalam kondisi pilek," tambahnya.

Dia mengatakan, kepada yang bersangkutan tidak dikenakan kriteria tersangka karena pada saat pemeriksaan tidak menunjukkan adanya tanda-tanda demam dan radang paru atau pneumonia sesuai kriteria dari Kementerian Kesehatan.

"Tindakan karantina/isolasi diberlakukan karena memenuhi kriteria untuk diawasi. Hal ini sebagai bentuk pelayanan publik untuk pencegahan penyakit," pungkasnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5944 seconds (0.1#10.140)