alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

KPU Sleman Rakit 16.955 Kotak Suara Pemilu 2019

Priyo Setyawan
KPU Sleman Rakit 16.955 Kotak Suara Pemilu 2019
Pekerja sedang merakit kotak suara di gudang KPU Sleman, Rabu (13/2/2019). FOTO/SINDOnews/PRIYO SETYAWAN

SLEMAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman mulai merakit kotak suara Pemilu 2019 di gudang KPU setempat, Rabu (13/2/2019). Jumlah kotak suara yang dirakit sebanyak 16.955 unit. Untuk kepentingan tersebut KPU mengerahkan delapan pekerja. Kotak suara itu berbahan baku katon duplek yang kedap air.
 
Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Sleman Aswino Wardhana mengatakan dimulainya perakitan kotak suara tersebut untuk antisipasi jika ada kekurangan dan kerusakan. Sebab 16.955 kotak suara itu disesuaikan dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Sleman, yaitu 3.391 tempat. Setiap TPS membutuhkan lima kotak suara.

"Sejauh ini kondisi kotak KPU masih dalam kondisi bagus karena disimpan dalam keadaan masih terplastik. Ketika menyetting itu membuka plastik yang tersegel. Untuk perakitan 1 kotak suara membutuhkan waktu 1 sampai 2 menit," kata Aswino di sela-sela perakitan kotak suara di KPU Sleman, Rabu (13/2/2019).

Aswino menjelaskan setelah kotak suara selesai dirakit, akan disimpan di gudang untuk menunggu proses kekurangan alat kelengkapan TPS yang lain. Dalam kotak suara ini, nantinya akan diisi surat suara, ATK, atau ID Card. Namun untuk isinya masih menunggu pengadaaan dari KPU pusat.



"Target dalam waktu seminggu sudah selesai semua setting kotak suara ini dan untuk proses distribusi, akan dilakukan tiga hari sebelum hari H, tanggal 14- 15 April 2019," katanya. (Baca juga: KPU Kendal Mulai Rakit Kotak Suara, Sehari Selesai 250 Kotak)

Pekerja perakit kotak suara KPU Sleman, Rizal Rully, 20 mengaku mudah untuk merakit kotak suara yang terbuat dari karton duplek ini. Sebab tinggal mengikuti pola dan dikancing.

"Untuk perakitan membutuhkan waktu minimal satu menit. Sehingga bisa merakit minimal 100 kotak suara sehari," paparnya.



(AMM)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif