alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kunjungi Bandara YIA, Wapres: Bandara Modern Kental Nuansa Jawa

kuntadi
Kunjungi Bandara YIA, Wapres: Bandara Modern Kental Nuansa Jawa
Wakil Presiden Maruf Amin memberikan keterangan pers saat melakukan kunjungan singkat ke Bandara YIA, Jumat (24/1/2020). FOTO/iNews/KUNTADI

KULONPROGO - Wakil Presiden Maruf Amin melakukan kunjungan singkat ke Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA), sebelum bertolak ke Jakarta usai menghadiri pertemuan partai sedunia di Yogyakarta, Jumat (24/1/2020).

Setiba di bandara, Wapres disambut jajaran manajemen PT Angkasa Pura I. Rombongan langsung menuju ke lantai III untuk melihat progres pembangunan dan paparan dari Dirut PT Angkasa Pura Faik Fahmi. Begitu tiba Faik langsung melihat beberapa bagan pembangunan.

Tidak lebih dari setengah jam, Wapres mendengarkan paparan dan menemui wartawan yang sudah menunggu. "Ini bandara besar dan akan menjadi yang paling modern," kata Wapres. (Baca juga: Underpass Bandara YIA Kulonprogo Resmi Dibuka untuk Umum)



Sesuai dengan rencana, Bandara YIA akan selesai pada Maret mendatang. Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan meresmikannya pada 29 Maret. Sebelumnya presiden sudah dua kali mengunjungi YIA untuk melakukan ground breaking dan melihat progress pembangunan. Bahkan Jusuf Kalla yang kala itu masih menjabat wapres juga sempat singgah dan melihat proyek bandara ini. "Ini bandara besar dan bisa didarati pesawat Airbus 380," kata Maruf Amin.

Menurutnya, saat tiba di Bandara YIA sudah terasa sampai di Kota Yogyakarta. Banyak ornamen yang disajikan identik dengan seni dan budaya yang ada di Yogyakarta. "Orang datang ke sini sudah berasa melihat Yogyakarta dari ornamen yang ada," ujarnya.

Wapres berharap Bandara YIA menjadi pintu masuk bagi wisatawan mancanegara. Banyak penerbangan yang dilirik dari China, Eropa maupun Amerika. Sehingga mereka akan datang langsung tidak sekedar transit. "Selama ini tidak tertampung karena bandara (Adisutjipto) tidak memadai. Nanti akan datang ke sini, lebih besar lagi," kata Wapres.

Usai memberikan keterangan kepada wartawan, Wapres langsung turun ke lantai II dan menuju ke pesawat kepresidenan menuju ke Jakarta. Ikut mendampingi kunjungan ini, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X, Kapolda DIY Irjen Asep Suhendar, Bupati Kulonprogo Sutedjo, dan beberapa pejabat lain.



(amm)