alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

100 Negara Bahas Humanisme Barat dan Islam di Yogyakarta

Priyo Setyawan
100 Negara Bahas Humanisme Barat dan Islam di Yogyakarta
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar memberikan laporan kegiatan konferenasi IDC CDI di Yogyakarta, Jumat (24/1/2020). FOTO/SINDOnews/PRIYO SETYAWAN

YOGYAKARTA - Konferensi Internacional Democrata Centro-Centrist Democrat International (IDC-CDI) digelar di Yogyakarta, Kamis-Jumat (23-24/1/2020). Sebanyak 100 negara dari Eropa, Amerika Latin, Afrika, dan Asia hadir dan membahas mengenai aliansi abad 21, humanisme barat, demokrasi kristen, dan humanisme Islam.

Hadir sejumlah tokoh internasional sebagai pembicara. Antara lain Perdana Menteri Hongaria Victor Orban; Eva Sáenz-Díez dari Universitas Katolik Louvain Belgia; Nizar Baraka Sekretaris Jenderal Partai Kemerdekaan Maroko; KH Yahya Cholil Staquf dari Nahdlatul Ulama; dan Franz Magnis, SJ dari Universitas Driyakarya, Jakarta. Hadir sebagai pembicara kunci adalah Wakil Presiden KH Maruf Amin.

Acara yang digelar oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini dihadiri Presiden CDI, Pastrana yang juga mantan Presiden Colombia dan Sekjen CDI Antonio Isturis.



Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dalam laporannya mengatakan, PKB menjadi tuan rumah setelah dalam rapat pleno anggota CDI beberapa bulan lalu menerima PKB sebagai anggota secara bulat dan utuh. Bersamaan dengan itu, PKB langsung mendapat kepercayaan menjadi penyelenggara eksekutif comitte CDI guna membahas pemikiran rencana dan resolusi di seluruh negara belahan dunia.

"PKB sendiri menawarkan resolusi tentang humanitarian Islam, Islam kemanusiaan, Islam Rahmatillilalamin. Alhamdulilah kemarin ini diterima disetuji secara bulat dan diketok menjadi resolusi CDI 2020 bersama beberapa resolusi lainnya," katanya.

Muhaimin menjelaskan, ada yang menarik dalam penyelenggaraan konferensi IDC CDI ini, yaitu statement dari PM Hongaria Victor Orban. Dia merasa bisa belajar tentang agama dan pluralisme serta kebhinekaan Indonesia melalui PKB sebagai bagian dari dialog damai untuk dunia yang lebih damai.

"Ini menjadi salah satu kebahagiaan kami, dan mohon diperlengkapi oleh bapak Wakil Presiden sebagai pembicara kunci. Sehingga sempurna lah rangkaian acara ini," katanya.



(amm)