Kirab Kebangsaan, Ribuan Orang Bentangkan Bendera 1.000 Meter

Jum'at, 24 Januari 2020 - 13:10 WIB
Kirab Kebangsaan, Ribuan Orang Bentangkan Bendera 1.000 Meter
Ribuan orang membentangkan bendera merah putih dalam kirab kebangsaan dari Jalan Depok menuju lapangan Simpang Lima Semarang, Jumat (24/1/2020). FOTO : SINDOnews/Ahmad Antoni
A A A
SEMARANG - Ribuan orang dari berbagai elemen beserta TNI-Polri membentangkan bendera Merah Putih sepanjang sekitar 1.000 meter dalam kegiatan Kirab Kebangsaan Merah Putih dari Jalan Depok-MH Thamrin-Pandanaran menuju Lapangan Simpang Lima Semarang, Jawa Tengah, Jumat (24/1/2020).

Kirab kebangsaan Merah Purih digelar dalam rangka Haul Habib Hasan bin Thoha bin Muhammad bin Yahya, dan Habib Thoha bin Muhammad bin Yahya.

Perlu diketahui, Habib Hasan bin Thoha bin Muhammad bin Yahya merupakan ulama dan pejuang yang dikenal garang saat bertempur melawan penjajah, hingga mendapat julukan Singo Barong.

Habib Hasan mempunyai hubungan kekerabatan dengan keluarga keraton Yogyakarta, karena menantu Sultan Hamengku Buwono II dan ipar Hamengku Buwono III. Habib Hasan mendapatkan gelar sebagai Raden Tumenggung Sumodiningrat, Pati Lebet Kerajaan Mataram atau biasa disebut Syekh Kramat Jati.

Sementara itu, sepanjang rute kirab tampak ratusan anak sekolah dengan mengibar-ngibarkan bendera Merah Putih menyambut kedatangan peserta kirab kebangsaan.

Tiba di Lapangan Pancasila Simpang Lima, peserta mengikuti Apel Kirab Kebangsaan Merah Putih dengan inspektur upacara Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Usai upacara, digelar doa bersama yang dipimpin ulama kharismatik Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya yang diikuti perwakilan lintas agama dan Forkopimda. Acara diakhiri dengan melepas ratusan burung dari sangkarnya.

Kegiatan bertemakan Sejarah Adalah Ruh Nasionalisme ini diharapkan bisa meningkatkan nasionalisme dan menumbuhkan semangat persatuan dan kebangsaan bagi masyarakat.

Wali kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan kegiatan ini merupakan perpaduan antara pemerintah, TNI-Polri dan masyarakat. "Tahun ini Haul dengan kirab kebangsaan Merah Putih melibatkan berbagai elemen,” kata wali kota yang akrab disapa Hendi ini.

“Harapannya, kegiatan ini dapat mewakili seluruh elemen masyarakat Kota Semarang dan Jawa Tengah yang sama-sama sepakat meningkatkan nasionalisme dan menumbuhkan semangat persatuan dan kebangsaan kepada seluruh warga,” ujarnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.6054 seconds (0.1#10.140)