alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Disdag Solo Pantau Komoditi Rentan Naik saat Kampanye Pemilu

Ary Wahyu Wibowo
Disdag Solo Pantau Komoditi Rentan Naik saat Kampanye Pemilu
Disdag Solo terus memantau sejumlah komoditi yang rentan naik saat masa kampanye pemilu. Salah satunya elpiji 3 kg. FOTO/ILUSTRASI/DOK.SINDOphoto

SOLO - Dinas Perdagangan (Disdag) Solo terus memantau sejumlah komoditi yang rentan naik saat masa kampanye Pemilu 2019. Permintaan biasanya meningkat karena dipergunakan untuk konsumsi dalam jumlah banyak.

Kepala Disdag Solo Subagiyo mengatakan, pihaknya mewaspadai gejolak akibat meningkatnya kebutuhan sejumlah komoditi ketika memasuki masa kampanye. Berdasarkan pengalaman pemilu sebelumnya, kebutuhan air mineral dalam kemasan dan beberapa komoditi pangan terdapat kenaikan permintaan.

"Bahan bakar, utamanya elpiji 3 kg biasanya meningkat. Ini yang terus kami pantau," kata Subagiyo saat outlook perekonomian Kota Solo, Selasa (12/2/2019).



Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Bank Indonesia (BI) Cabang Solo Bandoe Widiarto, Kadin dan kalangan perbankan. Terkait dengan pasokan elpiji, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pertamina. Di antaranya permintaan pasokan di 2019 diharapkan bisa dicukupi sebesar sekitar 10 juta tabung ukuran 3 kg. Hal itu juga terkait ukuran kebutuhan warga miskin di Solo.

Ketika terjadi kenaikan kebutuhan air mineral dalam kemasan, gas, dan sembako, pihaknya telah menyiapkan antisipasi dengan instansi terkait lainnya, seperti Bulog.

"Koordinasi dengan distributor juga kami lakukan. Ketika terjadi sesuatu, kami dapat mengetahui apa penyebabnya," kata Subagiyo. Pihaknya bersyukur sampai kini, ketersediaan komoditi itu aman dan harganya terjangkau.



(AMM)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif