alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Begini Ritual Mandi di Sendang Keraton Agung Sejagat

Taufik Budi
Begini Ritual Mandi di Sendang Keraton Agung Sejagat
Keraton Agung Sejagat di Purworejo Jawa Tengah. FOTO : IST

SEMARANG - Keraton Agung Sejagat di Purworejo Jawa Tengah memiliki beberapa tempat yang dianggap keramat. Ritual-ritual yang dilaksanakan juga memilih waktu tertentu dengan tata cara khusus.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna mengaku telah datang langsung ke keraton di Desa Pogung Jurutengah Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo. Warga yang penasaran juga masih berdatangan ke lokasi untuk menyaksikan dari dekat.

"Ada di sana kolam suci pemandian (Sendang Kamulyan) itu untuk raja-ratu dan para punggawa. Itu sudah pernah digunakan dua kali," kata Iskandar, Kamis (23/1/2020).



"Di situ beberapa orang kita tanya, sebagai pemilik yang menjabat sebagai menteri juga ada kemarin. Di situ yang menjabat sebagai punggawa ada juga," ceritanya.

Dari keterangan saksi maupun punggawa keraton, kolam pemandian itu tak digunakan setiap waktu. Mereka memilih hari pasaran Kliwon (dalam penanggalan Jawa), untuk memulai ritual di kolam pemandian.
"Ternyata mereka melaksanakan ritual mandi di kolam itu pada saat Kliwon, artinya Selasa Kliwon, Jumat Kliwon," terangnya.

"Kemudian apa yang dilakukan, yaitu berendam di kolam itu. Dari sisi tengah itu untuk raja dan ratu, sisi timur itu untuk laki-laki, sisi barat untuk yang perempuan. Lalu di kolam ditaburi bunga-bunga," jelasnya.

Pada saat ritual juga disertai dengan pembakaran dupa atau kemenyan. "Kemudian membakar dupa, berdoa. Itu yang mereka lakukan. Baru setelah itu dari kolam mereka menuju ke batu prasasti yang dianggap sebagai batu bersejarah peninggalan kerajaan," pungkasnya.



(nun)