Hasil Tes Psikologi, Raja Keraton Agung Sejagat Miliki Frustasi Masa Lalu

Rabu, 22 Januari 2020 - 20:04 WIB
Hasil Tes Psikologi, Raja Keraton Agung Sejagat Miliki Frustasi Masa Lalu
Raja Toto Santoso disebut memiliki riwayat frustasi masa lalu sebelum mendirikan Keraton Agung Sejagat di Purworejo Jawa Tengah. FOTO/ISTIMEWA
A A A
SEMARANG - Toto Santoso (42) disebut memiliki riwayat frustasi masa lalu sebelum mendirikan Keraton Agung Sejagat di Kabupaten Purworejo. Dalam pemeriksaan psikologi juga diketahui Toto merupakan sosok yang sangat imajinatif.

"Toto itu penuh dengan imajinasi, kemudian adanya hambatan sosial dan frustasi masa lalu," kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna, Rabu (22/1/2020).

"Kalau menurut psikiater dia itu punya frustasi-frustasi masa lalu, banyak yang gagal kira-kira gitu. Sehingga dia selalu membuat perilaku yang menurut dia biasa," katanya. (Baca Juga: Pertemuan Raja-Ratu Agung Sejagat, Kisah Cinta Bujang-Janda)

Sementara hasil pemeriksaan psikologi pada Ratu Fanni Aminadia (41), menunjukkan perempuan itu sebagai sosok cerdas. Kecerdasan sang ratu ditunjukkan dengan memberikan gagasan untuk merancang seragam punggawa-punggawa keraton.

"Dia (Fanni) lebih banyak merancang, mulai dari pakaian, batu, tanda-tanda kartu identitas yang dibuat-buat itu semua yang merancang adalah Fanni. Kalau untuk gagasan mendirikan keraton dari Toto," katanya.

"Kemudian secara kepribadian, saudara Fani ini penuh pesona, menutup-nutupi, dan penuh keraguan," imbuh dia.

Sekadar diketahui, Toto dan Fanni ditetapkan menjadi tersangka setelah ditangkap polisi pada 14 Januari. Mereka dijerat Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dan Pasal 14 UU Nomor 1 tahun 1946 tentang Penyebaran Berita Bohong.

"Kesimpulannya bahwa kedua pelaku ini menunjukkan perilaku yang secara potensial yang biasa dilakukan oleh pelaku. Artinya adalah itu perilaku ini merupakan perilaku yang biasa dilakukan, itu (mendirikan keraton) biasa," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.3714 seconds (0.1#10.140)