alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemkab dan PDAM Sleman Kerja Sama Kembangkan Sekolah Ramah Anak

Priyo Setyawan
Pemkab dan PDAM Sleman Kerja Sama Kembangkan Sekolah Ramah Anak
Direktur PDAM Sleman Dwi Nurwata (kiri) dan Kepala Dinas P3AP2KB Sleman Mafilinda Nuraini menandatangani kerja sama pengembangan SRA di kantor PDAM Sleman, Selasa (12/2/2019). FOTO/SINDOnews/PRIYO SETYAWAN

SLEMAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman menandatangai kerja sama dengan PDAM Sleman untuk mengembangkan Sekolah Ramah Anak (SRA), Selasa (12/2/2019). Kerja sama ini bertujuan mewujudkan lingkungan sekolah yang memenuhi, menjamin dan melindungi hak anak, serta meningkatkan kemampuan dan partisipasi anak dalam proses-proses perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Sleman, Mafilindati Nuraini mengatakan, pelaksanaan SRA memang perlu dukungan dari semua stakeholder, baik dunia usaha, swasta, kelompok masyarakat maupun akademisi.

"Karena itu Pemkab Sleman akan mengandeng seluruh stakeholder guna mewujudkan SRA di Sleman. Di antaranya dengan PDAM ini," kata Linda, sapaan akrab Mafilindati Nuraini, saat penandatangan kerja sama di kantor PDAM Sleman, Selasa (12/2/2019).



Linda menjelaskan, kerja sama dengan PDAM Sleman sudah memasuki tahun ketiga. Kerja sama dilakukan dalam bentuk pendamapingan dan penyediaan sarana prasarana pendukung, seperti usaha kesehatan sekolah (UKS), jamban dan tempat cuci tangan.

"Hingga tahun 2018, sudah memfasilitasi 70 sekolah tingkat SD-SMP di Sleman untuk menjadi sekolah ramah anak," katanya.

Selain penyediaan sarana prasarana, juga melaksanakan program kegiatan pendukung SRA bersama Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) serta kecamatan di Sleman. Kegiatan tersebut antara lain pelatihan konvensi hak anak, pelatihan kebijakan perlindungan anak di sekolah, pemilihan tunas muda pemimpin Indonesia, pelatihan disiplin postif serta gerakan perlindungan anak terhadap gizi dan keamanan jajanan anak sekolah (Lantera Zimanja).

Direktur PDAM Sleman, Dwi Nurwata menambahkan, kerja sama ini merupakan wujud kepedulian dan perhatian terhadap upaya mewujudkan dan mengembangkan SRA di SlemanĀ  melalui program corporate social responsibility (CSR). Yaitu dalam wujud penyediaan prasarana dan sarana pendukung, termasuk sosialisasi SRA. Di antaranya tempat tidur UKS, penimbang dan pengukur tinggi badan, stetoskop, dragbar, spaleg, mitela, tempat sampah terpilah, karpet dan rak kayu tempat surat kabar.



(AMM)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif