Jateng Berpotensi Hujan Deras, Waspada Longsor!

Selasa, 12 Februari 2019 - 16:02 WIB
Jateng Berpotensi Hujan Deras, Waspada Longsor!
Jateng berpotensi hujan deras, waspadai longsor. Foto/Ilustrasi
A A A
SEMARANG - Sejumlah daerah di Jawa Tengah diprakirakan terjadi hujan lebat disertai angin kencang pada sore hingga menjelang malam. Untuk itu, warga diminta selalu waspada terjadinya bencana tanah longsor dan pohon tumbang.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani Semarang merilis informasi prakiraan cuaca Semarang dan sekitarnya. Prakiraan itu berlaku hari ini Selasa (12/2/2019) pukul 07.00 sampai 19.00 WIB.

“Jawa Tengah pagi pada umumnya berawan, pesisir utara berpotensi hujan ringan. Siang atau sore sampai awal malam hujan ringan sampai sedang tersebar merata di wilayah Jawa Tengah. Potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada sore hari di daerah sisi utara pegunungan,” kata Forcaster BMKG, Arif Nurhidayat.

“Waspada banjir tanah longsor dan pohon tumbang,” tambahnya.

Cuaca di Kota Semarang pada umumnya berawan. Daerah pesisir berpotensi terjadi hujan ringan. Pada siang atau sore sampai menjelang awal malam, terjadi hujan ringan hingga sedang tersebar merata mulai dari wilayah Semarang bagian atas.

“Angin bertiup dari arah selatan - barat laut dengan kecepatan 10 sampai 25 kilometer per jam, suhu udara berkisar 26 sampai 31 derajat Celcius, dan kelembaban udara berkisar 65 sampai 90%,” terangnya.

Sementara, tinggi gelombang di Laut Jawa mencapai 0,2 sampai 0,75 meter. Sedangkan tinggi gelombang di perairan Selatan Jawa Tengah 1 sampai 2 meter.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4392 seconds (0.1#10.140)