BPCB Pastikan Bebatuan di Lahan Pertanian Dieng Bangunan Candi

Selasa, 21 Januari 2020 - 22:00 WIB
BPCB Pastikan Bebatuan di Lahan Pertanian Dieng Bangunan Candi
BPCB Jawa Tengah memastikan bahwa bebatuan tersusun rapi yang ditemukan di bekas lahan pertanian kentang di Desa Dieng Kulon, Banjarnegara merupakan bangunan candi. FOTO/iNews/Elis Novit
A A A
Tim dari Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah memastikan bahwa bebatuan tersusun rapi yang ditemukan di bekas lahan pertanian kentang di Desa Dieng Kulon, Banjarnegara merupakan bangunan candi. Candi itu diperkirakan berukuran 3,5 x 3,5 meter.

Kepastian ini disampaikan oleh Ketua Unit Dieng BPCB Jawa Tengah, Eri Budiarto usai melakukan pengamatan di area temuan bebatuan mirip candi, Selasa (12/1/2020).

"Kami sudah melakukan pengamatan hari ini dan menemukan bagian Salasar dan bentuk padma, sehingga ini dapat di pastikan struktur bangunan candi," kata Eri. (Baca Juga: Gali Tanah untuk Bangunan, Warga Dieng Temukan Candi)

BPCB yang melakukan pengamatan di lokasi juga mendapati kalau bangunan candi ini di prediksi menghadap ke arah timur.

Usia bangunan tersebut diperkirakan sama dengan candi-candi lain di Dieng. Namun, untuk mengetahui soal keberadaan arca di sekitar lokasi, harus dilakukan ekskavasi.

"Belum diketahui apakah ada benda lain seperti arca di lokasi temuan ini, jadi masih perlu dilakukan ekskavasi lanjutan," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9879 seconds (0.1#10.140)