Raja Keraton Agung Sejagat Berharap Proses Hukumnya Fair dan Cepat

Selasa, 21 Januari 2020 - 19:06 WIB
Raja Keraton Agung Sejagat Berharap Proses Hukumnya Fair dan Cepat
Toto Santoso (kiri) didampingi kuasa hukumnya saat menjalani pemeriksaan di Ditreskrimum Polda Jateng, Selasa (21/1/2020). FOTO/ISTIMEWA
A A A
SEMARANG - Totok Santosa (42), tersangka yang mengaku sebagai Raja Keraton Agung Sejagat telah menyampaikan permintaan maaf kepada publik. Dia menyatakan bahwa keraton yang didirikan di Purworejo itu adalah fiktif.

Kini, Totok berharap proses hukum yang dilakoninya berjalan fair dan cepat. "Harapannya agar proses hukum berjalan sebagaimana mestinya, fair, cepat, efektif seperti asas peradilan pada umumnya," ungkap Muhammad Sofyan, kuasa hukum yang mendampingi Toto Santoso saat menjalani penyidikan di Ditreskrimum Polda Jateng, Selasa (21/1/2020).

Terkait dengan dana iuran dari anggota atau pengikut Keraton Agung Sejagat, Sofyang tak berani berkomentar lebih jauh karena hal tersebut menyangkut materi.(Baca Juga: Totok Minta Maaf dan Nyatakan Keraton Agung Sejagat Fiktif)

"Uang (iuran) itu menyangkut materi sehingga saya tak berani komentar lebih lanjut. Pak Toto klien kami tidak menyinggung persoalan itu. Dan saya selaku kuasa hukum belum mendapatkan informasi langsung dari yang bersangkutan terkait dengan itu," tuturnya.

Sofyan menyampaikan, kliennya hanya menyampaikan bahwa iuran dan seterusnya itu untuk keperluan aktivitas seperti beli seragam. "Itu yang saya dengar dari beliau. Kalau iuran itu apakah dikembalikan saya tidak berani berkomentar lebih lanjut, karena memang saya tidak tahu itu," katanya.

"Jadi sepanjang yang saya ketahui dari proses penyidikan itu tidak kemudian terakumulasi berapa-berapa. Menurut keterangan Pak Toto maupun Bu Fanni (Aminadia) selaku Ratu menyampaikan bahwa uang itu inisiatif para pengikut kemudian untuk beli seragam untuk even-even. Itu yang saya dengar dari keterangan yang bersangkutan," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4556 seconds (0.1#10.140)