Muhammadiyah Tegas Tak Dukung Jokowi Maupun Prabowo

Selasa, 12 Februari 2019 - 02:03 WIB
Muhammadiyah Tegas Tak Dukung Jokowi Maupun Prabowo
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Muti menggelar konferensi pers di Gedung PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Senin (11/2/). PP Muhammadiyah akan menggelar Sidang Tanwir pada 15-17 Februari 2019 di Bengkulu. Foto/SINDOnews/Rakhmatulloh
A A A
JAKARTA - Amien Rais meminta warga Muhammadiyah menentukan arah dukungan politik pada Pemilihan Presiden ( Pilpres ) 2019. Menanggapi hal itu, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Muti menegaskan bahwa Muhammadiyah tidak berpolitik praktis.

Menurut Muti, apa yang disampaikan Amien benar memang Muhammadiyah harus menentukan sikap politiknya. Namun sikap politik Muhammadiyah adalah tidak mendukung Jokowi maupun Prabowo Subianto.

"Karena kalau mendukung salah satu pasangan berarti kita berpolitik praktis dan selama ini belum pernah terjadi di Muhammadiyah," kata Muti di Gedung PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Senin (11/2/2019). (Baca Juga: Tanwir Muhammadiyah Angkat Tema Beragama yang Mencerahkan)

Muti menegaskan, secara kelembagaan Muhammadiyah tidak memberikan dukungan kepada salah satu paslon kandidat Pilpres. Namun secara persyarikatan warga Muhammadiyah diimbau menggunakan hak pilihnya masing-masing.

"Netral itu bukan berarti tidak menentukan pilihan sehingga warga persyarikatan Muhammadiyah sekali lagi kami imbau untuk menggunakan hak politiknya sesuai dengan pedoman kehidupan Islami Muhammadiyah," ujarnya.

Dalam hal ini, Muti mengajak kepada warga Muhammadiyah untuk menjadi pribadi yang bertanggungjawab dan kritis dengan menggunakan hak pilih mereka berdasarkan kepentingan bangsa dan negara sekaligus ikut menjaga proses demokrasi secara aman dan damai.

"Jadi sekali lagi sikap politik Muhammadiyah adalah netral dan Muhammadiyah tidak akan terlibat dalam dukung-mendukung baik itu pasangan nomor 1 maupun pasangan nomor 2," tandasnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3515 seconds (0.1#10.140)