Luar Biasa, India Sukses Uji Tembak Rudal K-4 Berkemampuan Nuklir

Senin, 20 Januari 2020 - 09:30 WIB
Luar Biasa, India Sukses Uji Tembak Rudal K-4 Berkemampuan Nuklir
Ilustrasi uji coba rudal balistik K-4 India yang dapat membawa hulu ledak nuklir. Foto/The Diplomat/Tangkapan layar YouTube
A A A
NEW DELHI - Militer India berhasil melakukan uji coba penembakan rudal balistik berkemampuan nuklir, K-4, pada hari Minggu. Misil yang melesat sejauh 3.500 kilometer itu dapat ditembakkan dari kapal selam.

Uji tembak senjata kemarin tidak dilakukan dari kapal selam, namun ditembakkan di lepas pantai Andhra Pradesh. Uji coba misil K-4 diungkap kantor berita Asian News International (ANI) mengutip sumber pemerintah.

Rudal balistik itu sedang dikembangkan oleh Defence Research and Development Organisation (DRDO) India dan akan dipasang pada kapal selam bertenaga nuklir kelas Arihant milik Angkatan Laut India.

Laporan ANI, yang dilansir Senin (20/1/2020), mengatakan bahwa kesalahan melingkar probabilitas K-4 (jari-jari titik dampak rudal yang juga merupakan ukuran kemanjuran sistem panduannya) adalah 40 meter atau kurang. Ini membuat misil itu ideal untuk menyerang target dari jarak stand-off.

Pada bulan November 2018, India telah mengumumkan bahwa kapal selam nuklir pertama kelas Arihant telah berhasil menyelesaikan patroli pencegahan pertamanya, dengan mengumumkan masuknya India ke dalam klub kekuatan eksklusif dengan platform pengiriman senjata nuklir berbasis darat, udara dan laut.

Meskipun dijuluki sebagai demonstran teknologi, analis pernah berpendapat bahwa kapal selam kelas Arihant berbobot 6.000 ton dengan daya jangkauan sekitar 750 km tetap mengirim sinyal kuat ke Pakistan dan China bahwa pencegahan nuklir bawah laut New Delhi kredibel, kuat dan fungsional.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0242 seconds (0.1#10.140)