Tempat-Tempat Ini Berpotensi Muncul Keraton Baru

Minggu, 19 Januari 2020 - 17:15 WIB
Tempat-Tempat Ini Berpotensi Muncul Keraton Baru
Bentuk Keraton Agung Sejagat Cabang Klaten yang dipimpin oleh Mahamenteri Wiwik. Sjeumlah daerah mempunyai potensi muncul kerajaan baru. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
SEMARANG - Maraknya keraton baru akhir-akhir ini menjadi fenomena yang menggelitik masyarakat. Beragam alasan diungkap, mulai dari menjaga kelestarian budaya, membangkitkan kerajaan masa lampau, hingga penipuan untuk mengumpulkan dana.

Antropolog Universitas Negeri Semarang (Unnes), Nugroho Trisnu Brata mengatakan, sejumlah tempat situs sejarah sangat berpotensi untuk dimunculkan sebagai kekuasaan baru. Bagi masyarakat yang merindukan kejayaan masa lalu akan berada di garda depan untuk menjadi pendukungnya.

"Mungkin nanti akan muncul di Kotagede, pusat Kerajaan Mataram, kalau berani di sana (karena ada Keraton Yogyakarta). Atau mungkin di Pengging, Boyolali, dulu Ki Ageng Pengging di situ, atau mungkin di Trowulan, Jawa Timur," kata Trisnu, Minggu (19/1/2020).

Dia mengatakan, fenomena kemunculan tokoh yang dianggap juru selamat atau Ratu Adil masih akan terus berulang. Sebagaimana Toto Santoso (42) yang mengklaim sebagai Raja Keraton Agung Sejagat dan menerima wangsit dari leluhur Raja-Raja Mataram.

"Potensi Mesianisme (munculnya Ratu Adil) akan terus terjadi dan berulang, karena sudah secara sejarah berulang-ulang, ada kajian antropologis mencatat seperti itu," katanya.

"Mungkin saja nanti muncul lagi di mana-mana ketika ada massa yang mendukung. Kalau tidak ada massanya enggak ada rakyat, eggak bakalan ada (keraton baru). Jadi bumbu-bumbu halusinasi, tahayul, magis, itu mewarnai mesianisme ala Jawa ini," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3791 seconds (0.1#10.140)