alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Makin Muda Makin Sering Liburan, Yogyakarta Lokasi Terfavorit

Pung Purwanto
Makin Muda Makin Sering Liburan, Yogyakarta Lokasi Terfavorit
Berdasarkan riset Alvara Research Centre Yogyakarta menjadi lokasi terfavorit bagi wisatawan. FOTO: DOK SINDOnews

JAKARTA - Yogyakarta menjadi lokasi terfavorit bagi wisatawan. Berdasarkan rilis riset Alvara Research Centre yang diterima SINDOnews, Sabtu (18/1/2020), ada tren makin muda makin sering liburan. Persentase generasi yang lebih muda yang melakukan liburan dalam satu tahun terakhir lebih besar dibanding generasi yang lebih tua.

Gen Z yang melaksanakan liburan keluar kota selama satu tahun terakhir persentasenya sebesar 29.2%, Younger Milenial sebesar 28.1%, Older Milenial sebesar 24.2%, Younger Gen X sebesar 25.2% dan Older Gen X sebesar 24.4%.

Dalam rilis tersebut juga disebutkan bahwa Yogyakarta menjadi lokasi liburan terfavorit. Secara umum Yogyakarta, Jakarta, dan Bandung menjadi lokasi favorit yang mereka kunjungi dalam satu tahun terakhir. Mereka yang menyatakan mengunjungi Yogyakarta untuk berlibur mencapai 42.4%, kemudian Jakarta 33.7%, dan Bandung 18.5%.



Selain itu, dua dari 10 wisatawan membeli tiket via online. Ada 19,% atau 2 dari 10 wisatawan membeli tiket akomodasi via online, sedangkan sisanya masih menggunakan travel agent dan juga kendaraan pribadi.

Younger Milenial yang membeli tiket via online sebesar 25.5%, sedangkan Older Milenial yang membeli tiket via online sebesar 23.6%. Gen Z yang membeli tiket via online sebesar 14.2% paling rendah dibanding generasi lain.

Untuk diketahui, riset ini menggunakan pendekatan riset kuantitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara tatap muka (face to face interview) kepada 1.800 responden dengan usia 14-55 tahun.

Responden menyebar di 34 Provinsi di Indonesia, dengan komposisi sampel sesuai dengan demografi dan geografi penduduk Indonesia. Sampel diambil dengan metode multistage random sampling dengan rumah tangga sebagai unit terkecil. Margin of error pada riset ini sebesar 1.8% pada selang kepercayaan 95%. Data dikumpulkan pada periode 12-31 Agustus 2019.

Gen Z (usia 14-21 tahun), Younger Millennial (usia 22-29 tahun), Older Millennial (usia 30-38 tahun), Younger Gen X (usia 39-46 tahun), dan Older Gen X (usia 47-55 tahun).



(nun)