Presiden Prancis Dievakuasi karena Dikepung Demonstran

Sabtu, 18 Januari 2020 - 13:00 WIB
Presiden Prancis Dievakuasi karena Dikepung Demonstran
Presiden Prancis Emmanuel Macron dievakuasi dari gedung teater setelah para demonstran mencoba masuk. Foto/Istimewa
A A A
PARIS - Presiden Emmanuel Macron dievakuasi dari gedung teater Teater Bouffes du Nord di Paris ketika para demonstran mencoba memasuki gedung tersebut.

Media Prancis BFMTV melaporkan, Macron mengunjung teater bersama dengan istrinya Brigitte pada Jumat malam. Para pengunjung rasa yang berkumpul di dekat teater kemudian mencoba untuk bergegas masuk ke dalam gedung tetapi dihentikan oleh pasukan keamanan.

"Segera setelah itu, pasukan keamanan membentuk barikade untuk membiarkan mobil Macron meninggalkan lokasi," seperti dikutip dari Sputnik, Sabtu (18/1/2020).

Pada 5 Desember, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengusulkan reformasi aturan pensiun yang akan menghilangkan sejumlah hak istimewa dan kondisi khusus pensiun dari kategori pekerja tertentu, termasuk mereka yang bekerja di transportasi.

Prancis pun dihantam pemogokan massal terhadap inisiatif Macron dan sebagai akibat dari pemogokan itu, pekerjaan jaringan transportasi negara berada dalam kekacauan.

Pada 11 Januari, pemerintah Prancis menunda provisi rancangan reformasi pensiun yang paling banyak dikritik, dan tidak akan menambah usia pensiun yang diperlukan untuk menerima pensiun penuh hingga 64 tahun.

Terlepas dari langkah pihak berwenang, menurut media Prancis, pada 16 Januari sekitar 187 ribu orang ambil bagian dalam aksi protes lanjutan di seluruh negeri.

Sementara Kementerian Dalam Negeri, yang dikutip oleh surat kabar Figaro, melaporkan bahwa hampir 23 ribu orang turun ke jalan-jalan di Paris, Konfederasi Jenderal Serikat Buruh mengatakan bahwa 250 ribu orang telah bergabung dalam aksi protes di kota itu.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.8052 seconds (0.1#10.140)