alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sensasi Air Terjun Jumog yang Menawan

KORAN SINDO
Sensasi Air Terjun Jumog yang Menawan
Wisatawan lokal saat menikmati guyuran air dari Air Terjun Jumog di kaki Gunung Lawu di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Foto: dok/SINDOphoto

KARANGAYAR - Di kaki Gunung Lawu Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar ada air terjun yang menawan. Jumog naman air terjun itu. Lokasi air terjun ini berjarak kurang lebih 41 km dari Kota Solo dan cukup dekat dengan Candi Sukuh yang juga berada di Desa Berjo di kecamatan yang sama.

Memiliki ketinggian sekitar 30 meter, wisatawan yang beruntung akan melihat pelangi menghiasi air terjun pada pagi hari. Air terjun ini termasuk objek wisata yang menjadi andalan Pemerintah Kabupaten Karanganyar selain Air Terjun Grojogan Sewu yang berada di Tawangmangu.

Menikmati udara yang sejuk denganhamparan pepohonan yang rindang dan alami, wisatawan diajak untuk menuruni sedikitnya 116 anak tangga, sebuah tantangan tersendiri. Jumog memiliki keindahan yang khas, air terjun ini sempat dijuluki sebagai surga yang terhilang.



Selain keindahan air terjun, kawasan wisata Jumog juga memiliki satu nilai tambah pada keindahannya, yaitu adanya sebuah jembatan yang unik. Jembatan ini terletak persis di depan air terjun dan menjadi spot favorit pengunjung untuk mengabadikan sebuah foto dengan berlatar belakang keindahan Jumog.

Tiketmasuk untuk wisatawan terbilang cukup murah, kawasan di sekitar air terjun ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat dan sudah tertata dengan cukup baik untuk keperluan wisata. Untuk menikmatike segaran alam di sekitar air terjun sembari mendengarkan gemuruh suara air terjun, para pengunjung bisa duduk-duduk di beberapa gazebo yang telah disediakan pengelola.

Terdapat sarana pendukung lain seperti gazebo, kolam renang anak-anak, arena bermain, dan rest area yang menjual minuman panas dan berbagai menumakanan khas Karanganyar seperti sate kelinci dan sate ayam yang harganya relatif sangat murah.



(nun)