alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ternyata Fenomena Ratu Adil Pernah Melanda Jepang dan Amerika

Taufik Budi
Ternyata Fenomena Ratu Adil Pernah Melanda Jepang dan Amerika
Shoko Asahara sempat dianggap sebagai juru selamat oleh masyarakat Jepang. FOTO/KYODO NEWS

SEMARANG - Keraton Agung Sejagat di Purworejo dianggap sebagai fenomena kemunculan Ratu Adil yang membebaskan rakyat dari penderitaan. Fenomena serupa juga pernah menghinggapi beberapa negara modern seperti Jepang dan Amerika Serikat.

"Sebenarnya itu (Ratu Adil) tidak hanya orang Jawa. Secara umum namanya Gerakan Mesianisme, dari kata Mesiah, Almasih, Yesus, Isa. Dia kan juru selamat, juru damai," kata Antropolog Universitas Negeri Semarang (Unnes), Nugroho Trisnu Brata, Jumat (17/1/2020).

Dia menyebutkan, fenomena itu terjadi pada masyarakat Melanesia, Papua, melalui Gerakan Kultus Kargo/Cargo Cult Movement. Di Jepang terdapat sosok Shoko Asahara yang sempat menggemparkan masyarakat. (Baca juga: Antropolog Unnes Jelaskan Penyebab Banyak Pengikut Keraton Agung Sejagat)



"Dulu pernah membuat heboh, karena dia ditangkap. Kemudian anak buahnya menyebar gas Sarin (gas beracun) waktu itu ke tempat-tempat umum. Tapi sebenarnya itu sekte yang ada di negara modern seperti Jepang. Orang-orangnya, masyarakatnya, sebenarnya sudah tidak tradisional, tapi belum modern, dan tidak bisa menerima kemodernan, sehingga butuh Shoko Asahara yang bisa membuat tenteram masyarakat," paparnya.

Gerakan serupa muncul di Amerika Serikat yakni Sekte Children of God atau Anak-Anak Tuhan pada 1980-an. Setelah itu muncul sekte baru lagi yaitu Gerakan Branch Davidian.

"Waktu itu orang resah kemudian ada sosok yang bisa membawa mereka jadi tenteram tapi menyendiri hidupnya. Ada juga setelah itu sekte namanya Branch Davidian atau Sekte David, pengikutnya David Koresh, juga mengiming-iming masyarakat yang resah dengan harapan atau halusinasi tentang surga dan kemakmuran," katanya.

"Kadang untuk mempercepat jalan masuk surga secara bersama mereka minum racun bersama atau bakar diri bersama dengan diiringi ritual," katanya.



(amm)