Menkes Terjunkan Tim Cek Antraks di Gunungkidul

Kamis, 16 Januari 2020 - 20:36 WIB
Menkes Terjunkan Tim Cek Antraks di Gunungkidul
Menkes telah menerjunkan tim ke Gunungkidul menyusul adanya warga yang terserang antraks. FOTO/DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan telah menerjunkan tim ke Gunungkidul menyusul adanya warga yang terserang antraks. Seperti diketahui belasan warga di Gunung Kidul terkena penyakit tersebut setelah mengonsumsi daging dari hewan ternak yang mati mendadak.

“Ini langsung tim saya ke sana. Tim saya ke sana. Memang di sana. Diperkirakan memang spora nya ada di sana. Jadi kita akan terus lakukan kebetulan ya dirjen saya juga ke sana. Jadi kita langsung mewaspadai semua, mengecek,” kata Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (16/1/2019).

Dia mengatakan bahwa saat ini obat yang digunakan adalah antibiotik. Pasalnya antraks merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri

“Obatnya ya antibiotic. Skrg baru dilakukan antibiotic. Karena semua kena karena makan daging sapi yang mati mendadak ya. Kalau ndak makan itu ya ndak ketularan,” ungkapnya.

Ditanyakan berapa lama untuk penyembuhannya, dia belum dapat memastikan. Hal ini tergantung dengan kondisi penyebarannya.

“Ya tergantung dia kena ya pd posisi apa? Apakah kulit saja atau sampai pernapasan atau apa. Kan harus diagnosa tidak dapat sembarangan,” pungkasnya. (Baca Juga: Omset Penjual Daging Turun Akibat Isu Antraks(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.7103 seconds (0.1#10.140)