Klaim Kuasai Dunia, Raja Keraton Agung Sejagat Masih Akui NKRI

Kamis, 16 Januari 2020 - 17:32 WIB
Klaim Kuasai Dunia, Raja Keraton Agung Sejagat Masih Akui NKRI
Kapolda Jateng saat gelar kasus Keraton Agung Sejagat. Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat masih mengakui NKRI. FOTO/SINDOnews/AHMAD ANTONI
A A A
SEMARANG - Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat mengklaim memiliki kekuasaan seluruh negara di dunia. Bahkan, mereka menyebut memiliki kewenangan untuk menentukan sistem pemerintahan, politik, hingga perekonomian negara-negara.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna mengatakan, mereka masih menjalani pemeriksaan intensif di kepolisian. Mereka berkukuh tak bersalah dan masih merasa sebagai Raja dan Ratu.

"Untuk sementara yang bersangkutan masih mengakui Negara Indonesia," kata Iskandar kepada awak media, Kamis (16/1/2020).(Baca Juga: Raja Keraton Agung Sejagat Mengaku Miliki Istana Lain di Klaten)

Keraton yang didirikan di Desa Pogung Jurutengah, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo itu juga telah menyiapkan struktur pemerintahan. Terdapat 13 kementerian yang dibentuk serta jabatan setingkat gubernur hingga lurah.

"Kalau kita lihat struktur, dia (raja dan ratu) sudah membentuk yang namanya kementerian segala macam itu, adalah suatu sistem negara," katanya.

Meski demikian, polisi tak gegabah untuk menentukan dugaan makar melalui pembentukan keraton baru itu. Polisi masih akan mendalami keterangan tersangka termasuk memeriksa sejumlah saksi.

"Untuk sementara ini belum sampai ke sana (makar). Ini baru mendirikan kerajaan. Dulu mereka penyiapan dari 2018, termasuk perekrutan (pengikut) juga," katanya. "Untuk kegiatan itu membentuk prasasti itu pada 8 Desember 2019, lalu 10 Januari kemarin mereka kirab, tanggal 12 bisa dikatakan sebagai pestanya," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3802 seconds (0.1#10.140)