alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gunakan Listrik Premium, Loji Gandrung Solo Antipadam

Ary Wahyu Wibowo
Gunakan Listrik Premium, Loji Gandrung Solo Antipadam
General Manager PT PLN Unit Induk Distribusi Jawa tengah dan Yogyakarta Feby Joko Priharto saat mengecek automatic change power switch di Loji Gandrung, Solo, Rabu (15/1/2020). Foto/SINDOnews/Ary Wahyu Wibowo

SOLO - Rumah Dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung menjadi tempat pemerintahan pertama di Jawa Tengah dan Yogyakarta yang beralih menjadi pelanggan listrik Premium Gold 66 KVA. Kondisi listrik Loji Gandrung dijamin tidak padam karena disuplai dari minimal dua sumber garduk induk (GI).

"Jika tidak dari 2 GI, maka dari 1 GI tapi berbeda trafo dengan 2 feeder," kata General Manager PT PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan Yogyakarta, Feby Joko Priharto di Loji Gandrung, Solo, Rabu (15/1/2020).

Sistem kelistrikan di Loji Gandrung juga dilengkapi automatic change power switch sehingga perpindahannya hanya membutuhkan 0,4 detik. Dengan demikian, mata belum sempat berkedip listrik sudah menyala kembali.



Pelanggan juga mendapat pelayanan on call apabila ada permasalahan kelistrikan. Apabila dalam pelaksanaannya terjadi sesuatu di luar kuasa PLN dan listrik harus padam, dan melewati servis level yang disepakati, maka PLN akan dikenakan pinalti atau memberikan kompensasi. Keunggulan dan jaminan jaminan yang diberikan ini untuk mendukung Solo sebagai kota tujuan wisata dan investasi.

Program listrik Premium sudah ada sejak dua tahun lalu. Namun di Jateng dan Yogyakarta pelanggannya masih sedikit. Pihaknya berharap apa yang dilakukan Pemkot solo dapat menggelinding menjadi bola salju dan diikuti oleh aerah daerah lainnya.

Tercatat listrik premium di Jateng baru 38 pelanggan. Dibanding pelanggan reguler, pelanggan premium ada tambahan biaya berkisar Rp30/kwh hingga 130/kwh. Sehingga tambahan biayanya sekitar 5%-6%. Pelanggan yang bermigrasi tidak dikenakan biaya pemasangan. Sedangkan pelanggan baru dikenakan biaya penyambungan.



(amm)

loading...