alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Polisi Terjunkan Intelijen Selidiki Keraton Agung Sejagat di Purworejo

Taufik Budi
Polisi Terjunkan Intelijen Selidiki Keraton Agung Sejagat di Purworejo
Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna menyatakan pihaknya akan mengerahkan intelijen untuk mendalami Keraton Agung Sejagat di Purworejo. FOTO/DOK.POLDA JATENG

SEMARANG - Polisi bergerak cepat menyelidiki kemunculan Keraton Agung Sejagat di Purworejo. Intelijen dikerahkan untuk mendalami keraton yang mengklaim memiliki keterkaitan dengan Kerajaan Majapahit tersebut.

"Ini kan kemunculannya baru beberapa hari ini, tapi Kapolda sudah memerintahkan Dirintel dan Dirreskrimum untuk mendalami itu (keraton)," kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna, Selasa (14/1/2020).

Langkah polisi itu untuk menjamin keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat. Terlebih, keraton yang dipimpin oleh raja bergelar Rangkai Mataram Agung itu telah memiliki ratusan pengikut. "Kita masih dalami. Sementara itu, nanti kalau sudah ada hasil penyelidikan akan kita informasikan," katanya. (Baca juga: TNI Turun Tangan Pastikan Keraton Agung Sejagat di Purworejo)



Sebelumnya diberitakan, jagat maya dihebohkan dengan keraton baru yang mendadak berdiri di Purworejo. Kerajaan dengan nama Keraton Agung Sejagat itu memiliki daerah kekuasaan seluruh negara di dunia.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turut angkat bicara tentang keraton baru itu. Dia meminta dinas terkait termasuk Pemerintah Kabupaten Purworejo untuk menjalin komunikasi dengan pimpinan keraton.

"Sebaiknya kalau ada bicara dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan agar kemudian bisa diketahui. Syukur-syukur perguruan tinggi yang bisa mendampingi, sehingga seluruh dokumen, riset kalau ada, baik juga untuk didiskusikan agar itu (keraton) akan bisa teruji secara ilmu pengetahuan," kata Ganjar, Senin (13/1/2020). (Baca juga: Muncul Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Begini Respons Ganjar)



(amm)

loading...