Soal Ujian Rampung, Seleksi CPNS Digelar Akhir Januari 2020

Selasa, 14 Januari 2020 - 09:05 WIB
Soal Ujian Rampung, Seleksi CPNS Digelar Akhir Januari 2020
Menpan RB Tjahjo Kumolo menyatakan bahwa panselnas CPNS telah menerima soal SKD dari konsorsium PTN. SKD akan digelar akhir bulan ini. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan dilakukan akhir bulan ini. Panitia seleksi nasional (Panselnas) CPNS telah menerima soal SKD yang dibuat konsorsium perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia.

Menteri Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo mengatakan telah menerima soal untuk ujian CPNS tersebut.

"Panselnas CPNS mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan yang telah bekerja keras dalam penyusunan naskah soal SKD," ujar Tjahjo melalui pesan singkatnya, Senin (13/1/2019).

Tjahjo mengatakan bahwa Panselnas akan segera menindaklanjuti soal-soal tersebut. Dimana Panselnas akan segera melakukan input data ke dalam sistem computer assisted test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang digunakan untuk SKD.

"Dengan diserahkannya soal SKD. Tim Panselnas akan melakukan proses pemasukan (input) ke dalam sistem CAT BKN yang akan digunakan dalam pelaksanaan seleksi. Proses ini diperlukan kehati-hatian, jaminan kerahasiaan, keamanan data," ucapnya.

Lebih lanjut Tjahjo mengatakan dari data SSCASN BKN terdapat 4.197.218 calon peserta telah melakukan pendaftaran. Di mana 3.364.897 di antaranya telah lolos verifikasi administrasi. "Angka ini menunjukkan besarnya antusiasme dan perhatian masyarakat terhadap rekrutmen CPNS," tuturnya.

Politikus PDIP itu menambahkan bahwa SKD akan dilaksanakan akhir bulan ini sampai akhir bulan depan. Dia beraharap proses seleksi CPNS dapat berlangsung dengan baik. "Tahapan SKD, akan dimulai 27 Januari sampai dengan 28 Februari 2020 dengan ujian berbasis komputer. Materi SKD. Meliputi tes wawasan kebangsaan, tes intelegensi umum, dan tes karakteristik pribadi."

"Kita bersama berharap agar proses seleksi CPNS tahun anggaran 2019 berlangsung aman, kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik KKN. Pada akhirnya dapat menghasilkan CPNS yang berdaya saing, kompeten, berintegritas guna mewujudkan kondisi indonesia yang lebih maju,” katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8528 seconds (0.1#10.140)